Cinta Laut

Lobter Anakan Tidak Ada Harganya?? Yuk Kita Lakukan Ini Agar Bisa Lebih Kaya Raya

Lobster merupakan jenis udang yang ada baik di air tawar maupun laut. Biasanya ukuran lobster di air laut akan lebih besar dibandingkan dengan ukuran lobster yang ada di air tawar. Lobster air laut digunakan untuk dikonsumsi sedangkan lobster air tawar yang berukuran kecil biasanya digunakan untuk akuarium.

Berbicara soal ukuran besar kecil maka yang lebih dirugikan adalah para nelayan lobster laut. Ketika mereka mendapatkan lobster dengan ukuran kecil maka akan bingung akan diapakan. Jika dijual maka harga pasaran tidak setinggi ukuran lobster dewasa / siap konsumsi. Bahkan lobster air laut yang berukuran kecil hanya mampu menembus harga Rp15.000 / kilogramnya pada waktu itu.

Dari persoalan tersebut para nelayan bisa lakukan hal ini agar lobster-lobster yang berukuran kecil tetap memiliki harga jual tinggi.


Cara Agar Lobster Ukuran Kecil Bisa Mendatangkan Uang

Ketika anda mendapatkan lobster berukuran kecil maka jangan buru-buru dijual ke pasaran, lakukanlah proses pembesaran / penggemukan terlebih dahulu sebelum dilempar ke pasar. Proses pembesarannya juga tidak terlalu sulit dan hanya menggunakan alat sederhana saja.

Alat Dan Bahan:
1. Kolam + sirkulasi air
Kolam ini bisa dibuat secara permanen dengan menggunakan batu bata maupun semi permanen menggunakan terpal. Kemudian diberi sirkulator air agar asupan oksigen di dalam kolam lobter tetap terjaga

2. Pakan
Pakan merupakan faktor yang paling penting dalam proses penggemukan ini. Ukuran yang tetap adalah kunci lobster bisa gemuk dengan waktu yang singkat.
- Kerang
- Bulu Babi
- Ikan Runcah / Rucah / Potongan ikan kecil-kecil

Pemberian pakan dilakukan sebanyak 2 x dalam sehari yaitu pagi dan sore hari. Jumlah pakan yang perlu diberikan adalah 5-10 % dari berat badan lobster perhari. Jadi jika lobster itu berukuran 80 gram maka pakan yang diberikan sebanyak 10-20 gram perhari dibagi 2 yaitu untuk pakan pagi dan sore.

Selain pakan yang diberikan secara rutin ini, perlu juga ditambahkan rumput laut gracilaria didalam kolam lobster penggemukan tersebut. Tujuan dari rumput laut tersebut adalah sebagai suplemen lobster agar memiliki kekebalan tubuh selama berada di kolam penggemukan.

3. Waktu Penggemukan / Pembesaran Lobter
Waktu yang dibutuhkan dalam proses penggemukan ini yaitu 2-3 bulan saja, menyesuaikan ukuran lobster awal saat didapat dari laut. Dengan waktu 2 bulan saja lobter berukuran kecil yang memiliki harga Rp15.000 / Kg bisa menjadi sekitar 80-100 Rb / Kg atau lebih. Proses ini sangat bagus untuk menjadi peluang bisnis anda sebagai nelayan lobster. Keuntungan berkali-lipat bisa anda dapatkan hanya dengan jangka waktu 2 bulan saja.

Proses penggemukan lobster ini sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh beberapa nelayan lobster di Indonesia. Dan terbukti sangat ampuh untuk mengkatkan harga jual lobster yang berukuran kecil.

proses penggemukan pembesaran lobster
Catatan:
Ingin lobster anda berukuran 1 Kg maka anda harus memberi makan total sebanyak 6-7 kg dalam jangka waktu yang telah dirumuskan yaitu sebanyak 5-10 % dari berat lobter per harinya.

0 Response to "Lobter Anakan Tidak Ada Harganya?? Yuk Kita Lakukan Ini Agar Bisa Lebih Kaya Raya"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini