Cinta Laut

Ikan Hiu Jenis Galapagos Kepala Keras Bertanduk Banteng

Ada satu lagi hiu bertanduk / berkepala keras seperti banteng selain Crested Bullhead Shark, bentuknya juga hampir sama. Nama dari hiu tersebut adalah Galapagos Bullhead Shark, hiu ini hidup di beberapa daerah saja yang bersuhu sangat tropis. Dari kedua karakter tersebut hiu yang memiliki nama asli Heterodontus quoyi disebut juga dengan hiu bertanduk peru.

Hiu ini masuk dalam kelompok Heterodontidae atau sering dikenal dengan hiu tanduk. Beberapa ilmuan menganggap hiu ini sudah ada sejak jaman dinosaurus hingga saat ini. Namun dalam fakta membuktikan bahwa ikan hiu ini cuma tumbuh sekitar 1 meter saja.


Bentuk Fisik
  • Hiu Galapagos Bullhead ini memiliki bentuk fisik yang khas diantaranya berkepala besar
  • Mulut kedalam seperti lele
  • Memiliki bercak hitam tutul
  • Kulit berwarna coklat kemerahan
  • Sirip bawah besar untuk membantunya berenang di dasar laut
  • Hiu ini juga memiliki bentuk gigi yang unik yaitu 2 model, model pertama yaitu kecil dan bengkok untuk meraih mangsanya serta jenis datar untuk menghancurkan mangsa.
  • Sirip punggungnya memiliki duri tajam yang dapat melindungi diri dari serangan predator, karena diketahui hiu predator yang lebih besar seperti hiu putih, hiu macan, dll merupakan predator berbahaya baginya.

Foto Ikan Hiu Galapagos Bullhead

hiu galapagos bullhead peru

hiu tutul kecil bersirip tajam

Habitat Persebaran Hiu Galapagos Bullhead

Seperti nama dari hiu ini bahwa ikan ini berada di daerah Galapagos. Galapagos bullhead hiu banyak hidup di Pasifik tenggara, selatan ekuator dari 0 ° sampai 10 ° LS. Hiu ini bersifat menetap dirumahnya, jadi untuk persebaran di dunia sangat jarang ditemui.

Selain itu juga terdapat di pulau-pulau sekitar Peru, para ilmuan menyatakan bahwa di kedua tempat ini ada beberapa ikan hiu tersebut dengan bentuk yang mirip namun berbeda jenis (namun ada juga yang beranggapan itu adalah satu jenis yang sama)

Daerah yang disenangi hiu ini adalah substrat berpasi dan berbatu, karena hiu ini memiliki tipe perenang bawah seperti berjalan. Sering berada di kedalaman 2-25 meter yang mana banyak terdapat terumbu karang disana sehingga dia dapat beristirahat dan berlindung serta mencari makanan di sekitar kedalaman tersebut.


Makanan
Hiu Galapagos kepala keras ini memiliki ciri-ciri mencari mangsa pada malam hari, dimana ia akan menyusuri dasar laut. Ia akan memangsa seperti kerang, kepiting, invertebrata kecil, moluscca. Setelah cangkangnya hancur ia akan menelan daging tersebut dan memuntahkan cangkangnya.


Reproduksi Hiu Galapagos Bullhead

Hiu ini mengeluarkan telurnya yang berbentuk spiral kedalam perairan. Embrio akan terlindungi oleh selput. Dari bentuk tersebut maka dimungkinkan telur dapat terjepit di sela-sela bebatuan karang sehingga aman dari pemangsa predator lainnya. Hiu ini akan dewasa dan matang setelah berumur sekitar 1-3 tahun.


Ancaman Kematian Hiu Galapagos
hiu Heterodontidae kepala tandukHiu ini Sangat ramah dengan manusia, tidak menyerang dan biasanya hanya terdiap di dasar laut ketika bertemu dengan para penyelam. Ini justru sebaliknya jika penyelam tersebut berbuat anarkis dan menembaknya untuk dikonsumsi / sekedar bersenang-senang.

Saat ini hiu jenis Galapagos ini sudah dilindungi oleh kelompok khsuus yang bernama Galapagos Marine Reserve dimana dilarang keras membunuh Galapagos dengna alasan apapun. Untuk pemancing juga harus melepaskannya kembali ke perairan. Hiu ini juga dilarang diperjual belikan untuk dikonsumsi.

Perubahan suhu drastis ini yang sering menyebabkan kematian dari hiu ini, selain serangan langsung untuk dirinya sendiri, serangan juga terjadi untuk lingkungan sekitar yaitu terjadinya perubahan salinitas perairan, hilangnya sumber makanan dikarenakan perpindahan tempat untuk hawan-hewan kecil, dll.

Pastinya hiu ini sangat jarang dan perlu kita perhatikan secara khusus. Masuk dalam zona merah / sangat langka, ditambah dengan ancaman dari luar yang sangat besar.
Hiu Unik Lainnya: Hiu Belut Berjubah / Frilled Shark

0 Response to "Ikan Hiu Jenis Galapagos Kepala Keras Bertanduk Banteng "

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler