Cinta Laut

Info Terlengkap Hiu Jambul Kepala Banteng / Crested Bullhead Shark

Bukan hanya di daratan, di lautpun terdapat seekor ikan yang memeilik tanduk seperti banteng. Meskipun fungsinya tidak sama, namun secara fisik ikan ini terlihat memiliki kepala bertanduk. Ikan tersebut yaitu bullhead shark / ikan hiu jambul kepala banteng / disebut juga Heterodontus galeatus dalam bahasa latinnya. Hiu ini berukuran kecil dan hidup di dasar perairan / substrat. Hiu jenis ini banyak dijumpai di bagian timur laut Australia. Sebutan untuk ikan hiu bermacam-macam menyesuaikan daerahnya.

Info Hiu Jambul Kepala Banteng

1. Bentuk Fisik Umum

Jika dilihat secara kasat mata ikan hiu ini memiliki 2 jenis warna yaitu abu-abu dan hitam. Namun siapa sangka bahwa ikan hiu jambul atau bullhead shark ini memiliki warna dasar yaitu terang bercahaya, kecoklatan dan memiliki gumpalan warna hitam di seluruh bagian tubuhnya.

Hiu kepala banteng ini masuk dalam family horn shark / hiu tanduk yang disebut juga dengan heterodontidae dan beberapa jenis hiu serupa yaitu galapagos bullhead shark. Hiu bullhead memiliki rata-rata panjang 1 meter dan hanya mampu tumbuh hiingga 1,5 meter saja.

Hiu ini memiliki bentuk kecil tidak seperti hiu pada umumnya, hiu bullhead banyak menghabiskan hidupnya di dasar terumbu karang dan sesaat naik berenang ke permukaan. Ikan hiu jenis ini memiliki ciri umum yaitu kepala besar dan alis tebal diatas mata mirip seperti tanduk banteng. Hiu ini juga memiliki hidung monong seperti babi, mulut kecil dibawah kepala dan gigi yang kuat bagian belakang sehingga mampu untuk menghancurkan cangkang kerang. Berbicara masalah gigi, silahkan anda lihat tulisan ini yang membahas mengenai gigi hiu.

2. Habitat Hiu Bullhead

Ikan hiu ini bersifat endemik / hanya berada di satu wilayah. Hiu ini berada di perairan hangat dengan suhu tertentu sehingga hanya terdapat di Australia timur. Berada di perairan dangkal seperti kumpulan terumbu karang, lamun, ganggang. Namun sesekali pergi dan berenang hingga kedalaman 90 meter dari atas permukaan.

3. Makanan Hiu Jambul Banteng

Hiu ini mencari makanan di dasar perairan / substrat. Makanannya sendiri adalah kerang, mollusca, landak laut dan ikan berukuran kecil. Tubuhnya yang berbentuk kecil dan kepala keras memampukan hiu ini untuk masuk dalam sela karang dan menerobos dengan kepalanya.

4. Perkembangbiakan Crested Bullhead Shark

Hiu jenis ini memiliki sistem reproduksi ovipar, apa itu? silahkan baca dahulu tentang reproduksi ikan hiu. Bagi yang telah membacanya maka akan tau jika hiu ini memiliki sistem perkembangbiakan / reproduksi dengan bertelur. Telur dari hiu ini berbentuk spiral memanjang hingga 11 cm. telur-telur tersebut akan bersandar pada dasar yang ditemukannya seperti lamun, karang, dan lainnya.

Disponsori oleh:
Bentuk telurnya yang lonjong mampu untuk menganjal dan masuk dalam sela-sela serta menghidar dari predator. Telur-telur hiu ini akan menetas selama 5 hingga 9 bulan lamanya (waktu yang lama untuk perkembangbiakan). Setelah menetas hiu ini akan memiliki ukuran beragam antara 7-22 cm.

Hiu ini akan dewasa dan siap bertelur di usia sekitar 10-12 tahun lamanya dengan ukuran panjang dari 70 cm panjang / lebih. Hiu ini mampu mengeluarkan telur hingga 16 buah telur di setiap tahunnya.

Siklus hidup hiu yang unik yaitu pertumbuhan lambat, repoduksi lambat, namun mampu hidup lama tidak seperti ikan lainnya. Untuk hiu banteng ini sendiri termasuk dalam hiu berumur panjang.

5. Gambar Hiu Jambul Banteng

gambar hiu jambul kepala banteng


gambar mulut dan hiung hiu bullhead

gambar ikan hiu crested bullhead shark

photo hiu banteng diatas substrat berpasih

Demikian tulisan singkat dan lengkap mengenai ikan hiu kepala banteng, dari keterangan diatas dapat disimpulkan kembali yaitu. Hiu jambul kepala banteng atau sering disebut dengan crested bullhead shark ini memiliki ukuran kecil dan tidak membahanyakan manusia. Berada di daerah perairan dangkal dengan makanan bervariasi. Melakukan sistem repodusi ovipar / bertelur.
Next Shark: 9 Jenis Hiu Paling Fenomenal

0 Response to "Info Terlengkap Hiu Jambul Kepala Banteng / Crested Bullhead Shark"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler