Cinta Laut

9 Jenis Ikan Hiu Beserta Gambar Terbaru

Banyak sekali jenis ikan hiu yang ada di laut, mulai dari jinak hingga yang agresif. Meskipun tidak begtu signifikan, perbedaan dari jenis-jenis ikan hiu ini juga berpengaruh dengan bentuk fisik dan tingkah laku. Yang perlu diketahui sebagai dasar mengapa kita perlu mengathui nama dari macam-macam ikan hiu adalah mengetahui spesies yang ada di dunia serta apakah manfaatnya untuk kehidupan manusia. Pada dasarnya hkan hiu merupakan salah satu predator yang ada di lautan yang menjaga rantai makanan di lautan agar tetap berjalan dengan baik dan seimbang.

Ikan hiu juga perlu diketahui setiap jenisnya untuk menambah wawasan kita. Bagi yang senang berada di lautan / snorkeling / diving saat bertemu dengan hiu diharapkan jangan panik, lihat dahulu ikan hiu tersebut masuk dalam kategori jenis jinak atau yang agresif. Dengan mengetahui jenis-jenis ikan hiu maka anda akan dapat membedakan mana hiu yang menyerang dan ikan hiu yang tidak menyerang.

1. Ikan Hiu Gergaji / Sawshark

gambar hiu gergaji atau sawsharkIkan hiu ini adalah salah satu hiu dengan bentuk fisik yang unik dan berbeda dengan hiu lainnya. Ikan hiu sawshark memiliki mulut lancip dan memiliki gerigi di sekitarnya. Makanan dari hiu ini adalah golongan invertebrata. Dengan menggunakan bentuk mulutnya yang unik, maka hiu ini akan dengan mudah mengcari mangsanya didasar perairan. Bagi anda yang ingin melihat lebih detai tentang ikan ini bisa cek langsung di sini PROFIL IKAN HIU GERGAJI / SAWSHARK

2. Ikan Hiu raksasa Basking Shark

gambar ikan hiu raksasa basking membuka mulut
Ikan hiu jenis ini digadang-gadang sebagai ikan hiu terbesar nomer 2 di dunia. Mampu mencapai panjang hingga 10 meter lebih ketika berusia dewasa. Makanan utama dari ikan hiu basking ini adalah plankton. Bentuk fisiknya hampis sama dengan hiu paus tutul, namun dibagian ujung mulut terlihat lebih lancip. Habitat ikan basking shark ini berada di permukaan, disini dilakukan untuk banyak mencari makan.

Hiu jenis ini memiliki lobang mulut yang sangat besar dan lebih besar dari jenis saingannya haitu hiu paus tutul. Bagi anda yang ingin melihat lebih banyak tentang ikan hiu baskin bisa langsung dilihat di Basking Shark Terbesar No 2 Di Dunia.

3. Ikan Hiu Blacktip / Sirip Hitam

foto ikan hiu jenis blacktip / sirim hitam
Ikan hiu jenis ini mungkin sering anda jumpai di lautan ketika snorkeling atau diving didaerah terumbu karang. Ikan yang memiliki nama latin Carcharhinus Limbatus ini memiliki ciri utama yaitu warna hitam pada ujung siripnya. Ikan hiu ini mampu tumbuh hingga 3 meter di usia dewasa, namun jarang sekali terjadi diakibatkan over fishing. Ikan hiu ini senang berada di daerah terumbu karang untuk mencari makan. Makanan yang digemari adalah ikan kecil seperti tongkol, sarden, kerapu, dll.

Bagi anda yang ingin belajar lebih lanjut tentang ikan hiu jenis ini bisa langsung klik di Hiu Sirim Hitam / Balcktip Shark.

4. Ikan Hiu Biru / Blue Shark

gambar hiu biru bluesharkHiu jenis ini memiliki nama latin Prionace glauca. Memiliki bentuk tubuh yang hampir sama dengan hiu pada umumnya namun lebih sedikit lonjong seperti turped. Hiu jenis ini senang berada di perairan dalam sekitar 200 meter keatas. Sesekali berada di peerairan dangkal utukmencari makanan. Memiliki sensor listrik untuk mengetahui mangsanya. Hiu jenis ini senang memangsa ikan kecil, udang, lobster, dan hewan keil lainnya. Hiu biru atau blueshark ini memiliki sistem reproduksi vivipar. Ini adalah salah satu jenis ikan hiu yang mengalami over fihsing untuk diambil bagian dari tubuhnya terutama sirip. Untuk mengathui profil dari ikan hiu ini bisa dilihat pada Ikan Hiu Biru / Blue Shark.

Disponsori oleh:

5. Blind Shark / Bluegray Shark / Hiu Karpet

gambar ikan hiu karpet blind shark
Kenapa dinamakan hiu karpet? karena ikan hiu ini hidup di dasar perairan dengan terumbu karang menjadi tempat perlindungan dan menjari makanan. Ikan jenis ini memiliki nama latin Brachaelurus colcloughy, namun banyak sekali sebutan untuk ikan hiu jenis bluegray ini. Hiu jenis ini sangat jarang dilakukan penelitian karena sulitnya ditemukan di lautan.  Hampir sama dengan hiu pada umumnya, jenis blind shark ini senang memangsa seperti kepiting, lomster, ikan kecil, kerapu, dll.
Untuk sistem reproduksinya, ikan hiu ini adalah ovovivipar. Jika ikan hiu ini tertangkap manusia, biasanya akan dijadikan hikan hias didalam akuarium laut. Bagi Anda yang ingin belajar lebih detai tentang hiu karpet ini bisa lihat di Bluegray shark.

6. Ikan Hiu Jenis Six Gills / Enam Insang

gambar hiu 6 insang bluntnose sharkIkan hiu jenis ini memiliki nama spesies yaitu Hexanchus grisues. Keunikan ikan hiu ini adalah ia memiliki 6 pasang insang. Ikan hiu ini juga sering disebut dengan hiu hidung tumpul atau bluntnose shark. Ukuran badan ikan hiu ini bisa mencapai 4,5 meter dengan berat hingga setengah ton. Ikan hiu ini tidak dapat bergerak secepat hiu pada umumnya, oleh sebab itu ia lebih cinderung mencari mangsa pada malam hari dimana saat para ikan beristirahat. Hiu jenis ini juga menjadi salah satu incara oleh para nelayan untuk diambil potongan tubuhnya. Untuk belajar detail tentang hiu ini silahkan klik di hiu hidung tumpul enam insang.

7.Ikan Hiu Bronze Whaler Atau Copper Shark

gambar ikan hiu jenis copper shark
Ikan hiu jenis ini memiliki nama latin Carcharhinus brachyurus. Gigi yang ada pada ikan hiu ini sangat sempit, sehingga ikan hiu ini juga disebut juga hiu gigi sempit. Makanan dari ikan hiu ini antara lain ikan kecil, cumi, pari, dan lainny ayang berukuran kecil. Hiu jenis ini lebih sering dijumpai berenang secara gerombol dari pada sendiri. Jenis copper shark ini memiliki sistem reproduksi vivipar dengan musim kawin sekitar bulan oktober hingga desember. Ikan hiu jenis ini dapat hidup hingga 30 tahun. Silahkan baca profile selangkapnya di hiu copper.

8. Ikan Hiu sevengill broadnose / 7 Insang

foto ikan hiu sevengill 7 insang
Setelah kita lihat ada hiu 6 insang sekarang kita akan belajar mengenai ikan hiu 7 insang atau sevengill. Hiu jenis ini memiliki nama latin Notorynchus cepedianus. Memiliki ciri-ciri khusus hidung yang pendek / tumpul dan 1 sirip di punggungnya. Ciri fisik selanjutnya ya adalah warna ikan hiu sevengill ini keabu-abuan. Ikan hiu jenis ini sering berada di daerah terumbu karang untuk pencarian mangsa dan melakukan proses reproduksi. Hiu jenis ini memakan apapun yang dianggapnya lebih kecil seperti anjing laut, ikan kecil, bahkan hingga kanibal. Hu ini mampu melahirkan anak hiu hingga 100 ekor setiap musim perkawinannya. Baca selengkapnya di Hiu 7 insang.

9. Megalodon Ikan Hiu Terbesar Sepanjang Sejarah

gambar ukuran hiu megalodon raksasa
Siapa penguasa lautan yang terkenal hingga saat ini? jawabannya adalah megalodon shark. Meskipun saat ini ikan ini tidak ada, namun nama dan keberadaannya jaman dahulu masih di teliti hingga saat ini. Memiliki bentuk tubuh yang sangat besar melebihi apapun yang ada di lautan. Panjang dari hiu megalodon diperkirakan hingga mencapai 20-30 meter. Hiu jenis ini telah ditemukan fosilnya di beberapa tempat diantaranya afrika, amerika, australia, jepang, eropa. Penasaran dengan hiu megalodon? bacalah di ikan hiu terbesar sepanjang masa di dunia.


Demikianlah 9 dari 52 jenis ikan hiu yang ada di Dunia, Silahkan lihat beberapa artikel menarik lainnya tentang dunia kelautan hanya disini.

0 Response to "9 Jenis Ikan Hiu Beserta Gambar Terbaru"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler