Cinta Laut

Belajar Detail Tentang Ikan Hiu Bronze Whaler Atau Copper Shark

Ikan hiu Bronze Whaler disebut juga dengan Carcharhinus brachyurus, selain itu ada juga yang menyebutnya denga narowtooth atau gigi sempit (lihat juga macam-macam kenunikan gigi ikan hiu), namun ada juga yang menyebutnya dengan cooper shark atau hiu tembaga. Ikan hiu jenis Bronze Whaler ini termasuk dalam spesies Requiem dengan panjang tubuh bisa mencapai hingga 3 meter lebih. Dalam ciri-ciri umumnya ikan hiu ini memiki sirip punggung yang bewarna perunggu. Ciri umum yang kedua adalah pada bagian giginya terlihat sempit.

Karakteristik dari ikan hiu ini biasanya tidak ramah dengan manusia, namun tenang saja karena hiu bronze whaler ini hanya akan agresif jika menemukan makanan / mangsanya. Sebanrnya sama dengan hiu-hiu lainnya, mereka hanya akan agresif dalam pergerakannya jika bertemu dengan mangsanya. untuk mangsanya sendiri adalah ikan yang bertulang rawan atau disebut juga Chondrichthyes, ikan kecil, cumi, pari, bahkan hiu berukuran kecil.

gambar hiu copper shark

Habitat Hiu Bronze Whaler

Ikan hiu ini hidup di perairan yang berikilim dan lebih senang untuk bergelombol/ berkelompok dari pada berenang sendirian. Ikan hiu bronze whaler ini biasanya hidup di lepas pantai yang cukup dalam seperti di Afrika Selatan, Selandia Baru dan Australia, namun tidak menutup kemungkinan mereka berada di perairan dangkal seperti yang ditemukan di garis pantai pulau, pelabuhan. Ikan hiu jenis ini juga pernah terlihat di perairan medeterania, pantai argentina, dan peraian indo-pasifik. Hiu ini berkelompok berdasarkan jenis kelain jantan dan betina, oleh sebab itulah ikan hiu ini banyak terdapat dimana-mana.

Ikan hiu bronze whaler ini lebih suka pada suhu dingin oleh sebab itulah mereka senang berada pada perainan dalam 100 meter kedalam. Faktor perairan lainnya yang sangat berpengaruh dengan ikan hiu bronze whaler adalah salinitas / kadar garam. Ketika muda biasanya hiu ini berada di kisaran kedalam 30 meter. Ketika musim semi dan musim panas biasanya hiu jenis ini akan menuju ke permukaan seperti pantai.
foto ikan hiu bronze whaler
Proses migrasi yang terjadi pada hiu jenis ini lebih banyak diakibatkan oleh kebutuhan reproduksi, perubahan suhu dan pencarian makan. Pola untuk proses migrasi juga bervariasi menyesuakan usia dan jenis kelamin. Ketika saat inilah hiu brone whaler mampu melakukan migrasi hingga 1300 kilometer.

Dalam mencari mangsa jarang sekali hiu ini ditemukan sendiri, mereka lebih suka mencari mangsanya dengan cara berkelompok. Kuantitas itulah yang dimanfaatkan hiu bronze whaler apabila mendapatkan mangsa yang besar, bahkan lebih besar dari tubuh mereka. Contoh di Afrika selatan diketahui jenis hiu ini mampu memangsa sarden dengan jumlah ribuan bahkan jutaan.

Keberadaannya di dunia saat ini termasuk langka dan ini telah tercatat di PBB. Ada 2 alasan kuat yang saat ini diperkirakan yaitu tentang over fhisisng dan reproduksi yang lama. Oleh sebab itu telah diterapkan di beberapa negara maju tentang perlindungan dan pelestarian dengan adanya program catch and release untuk ikan hiu jenis ini dan beberapa jeis ikan lainnya yang dianggap langka.


Reproduksi Hiu Copper / Bronze Whaler

gambar ikan hiu bronze whaler dari depan
Diketahui ikan hiu jenis ini memiliki sistem repoduksi yaitu vivipar/ mengandung, untuk mengetahui lebih jelas anda bisa membacanya di jenis reproduksi ikan hiu. Dalam proses kawin akan terjadi gigitan ringan dari hiu jantan kepada betina, ini wajar dan hampir semua hiu melakukan proses perkawinannya seperti itu. Untuk masa kawin biasanya berlangsung 3 bulan yaitu Oktober hingga Desember. Sedang kan untuk masa hamil membutuhkan waktu 6 bulan hingga 1 tahun atau bisa dikatakan bahwa proses kelahiran terjadi di bulan juni hingga januari.

Bayi hiu jenis ini memiliki ukuran 24 inchi ketika lahir, proses melahirkan biasanya ditempat yagn lebih aman dan terlindung dari serangan alam dan predator pemangsa lainnya. Hiu copper ini memiliki pertumbuhan yang lambat, untuk mencapai ukuran 2 meter harus membutuhkan waktu hingga 15 tahun, bahkan lebih. Untuk usai kehidupannya berkisar 25 tahun untuk jenis kelamin betina dan 30 tahun untuk jenis kelamin jantan.
Jenis Lainnya: Hiu Bronze Whaler / Copper Shark

0 Response to "Belajar Detail Tentang Ikan Hiu Bronze Whaler Atau Copper Shark"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler