Cinta Laut

Hiu Sevengill Broadnose / Notorynchus Cepedianus

Hiu Sevegill Broadnose atau disebut juga hiu 7 insang ini memiliki nama ilmiah Notorynchus cepedianus. Masuk dalam family cowshark / hiu sapi / Hexanchidae termasuk juga hiu bluntnose. Hiu ini berada di perairan dangkal dan perairan air dalam.

Bentuk Fisik
Hiu Sevengill Broardnose ini memiliki bentuk mulut yang pendek dan tumpul. Sirip di punggungnya hanya ada 1 buah saja dan terletak di bagian belakang dekat sirip ekor. Memiliki kepala yang lebih luas dibandingkan hiu sejenisnya, kemudian mata lebih kecil, ekor lebih lebar, terdapat bintik-bintik hitam putih di daerah belakang / sirip ekornya, memiliki 6 gigi besar di bagian rahang bawah.

Panjang dari ikan hiu sevegill ini bisa mencapai 3 meter dengan berat hingga 100 kilogram. Ciri khas dari hiu ini adalah memiliki bukaan insang sebanyak 7 buah. Hiu ini mampu bertahan hidup hingga 1/2 abad lamanya.


Warna Tubuh
Hiu jenis ini memiliki kelebihan dalam segi warna. Di bagian atas tubuhnya bewarna biru keabu-abuan sehingga di kedalaman tertentu hiu ini memiliki warna seperti warna air yang ada disekitarnya, di bagian bawah tubuhnya juga memiliki warna yang terang seperti pada permukaan air jika dilihat dari bawah. Ini adalah modal utama hiu pemangsa untuk berkamuplase mencari makanan.


Habitat Tempat Tinggal

Hiu Sevengill Broadnose / hidung lebar ini berada di kedalaman antar 1-50 meter. Sering berada di muara, coral reef, teluk namun juga sering berada di daerah yang lebih dalam lagi. Habitat yang digemari oleh hiu sevengill broadnose ini adalah bersubstrat pasir, batu, lumpur. Cara dalam beralih kedalaman dengan berenang mengikuti dasar perairan tersebut. Hiu jenis ini sering dijumpai di utara Atlantik dan Laut Mediterania.

Habitat tempat tinggal hiu ini mengikuti iklim. Ketika musim dingin hiu ini akan pergi dari daerah tersbeut dan kembali ketika musim semi. Hal ini dimungkinkan karena mengikuti kelimpahan pakan yang terdapat disebuah perairan laut.

Ikan hiu Broadnose sevengill ini memiliki kecenderungan seperti penyu, yaitu akan kembali lagi ketempat semula ketika kondisi periaran sudah stabil menurutnya.


Foto Hiu Sevengill / 7 Insang

Hiu Sevengill Broadnose / Notorynchus cepedianus

gambar hiu seven gill

gambar hiu 7 tujuh insang

gambar hiu sapi hidung tumpul


Makanan Hiu Sevengill

Hiu ini memiliki kemampuan untuk memangsa segala jenis makanan baik tulang lunak maupun keras. Makanan yang dapat ia mangsa antara lain anjing laut, ikan kecil, lumba-lumba, bahkan diketahui jenis ini adalah kanibal dengan memakan sejenisnya yang memiliki ukuran lebih minim,

Memiliki gigi perobek dan pemotong di bagian atas dan bawah rahangnya. Ini sangat ideal untuk menghancurkan tubuh mangsa di mulutnya. Hiu ini lebih dominan mencari makan pada malam hari dengan pencahayaan minim untuk memudahkan menangkap mangsanya.

Dalam mencari makanan hiu-hiu sevengill ini tergantung dengan suhu, jika suhu hangat maka makanan akan berlimpah.

Dalam berburu hiu ini masih diprediksi memiliki strategi kelompok dalam menangkap mangsanya seperti mamalia anjing laut. Ini adalah hubungan kerjasama antar satu indovidu dnegan lainnya.


Reproduksi Hiu Sevegill

Jenis kelamin jantan akan matang di ukuran 1,5 - 1,7 meter panjangnya, sedangkan untuk hiu sevengill betina akan matang bereproduksi di ukuran tubuh 2,2-3 meter panjangnya.

Proses mengandung dilakukan oleh hiu betina di perairan dangkal seperti teluk, disana hiu betina akan mengandung sekitar 1-2 tahun. Proses repoduksi yang dilakukan adalah sistem ovovivipar, lebih jelasnya baca di proses reproduksi ikan hiu.

Bayi hiu ini memiliki ukuran dengna panjang 40-45 centimer dengan jumlah yang cukup banyak sekali melahirkan yaitu 50-100 ekor. Bayi hiu ini akan tinggal dan tumbuh beberapa tahun hingga mencapai ukuran lebih besar di perairan dangkal, baru mereka akan berlahan beranjak dan masuk ke perairan yang lebih dalam lagi.


Hubungannya Dengan Manusia
Hiu ini dikenal agresif dengna manusia dan tidak disarankan untuk berenang bersama / diving bersama ikan hiu sevegill ini.

Hiu ini diburu oleh manusia untuk berbagai alasan antara lain untuk diambil minyak ikannya, daging sebagai konsumsi / makanan.

Di beberapa daerah ikan hiu ini tergolong hampir punah, hal ini diakibatkan adanya pembangunan pesisir dan teluk, reklamasi, pemancingan di daerah perairan dangkal sehingga hiu kecil akan habis sebelum beranjak dewasa matang dan bereproduksi kembali.
Serupa Tapi Tak Sama: Hiu Sixgill / 5 insang

0 Response to "Hiu Sevengill Broadnose / Notorynchus Cepedianus"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler