Cinta Laut

Batu Karang Jenis Acropora Cervicornis

Satu lagi jenis terumbu karang bercabang yaitu acropora cervicornis. Batu karang jenis ini memiliki karakteristik memiliki cabang yang panjang dan cukup besar. Percabangannya dapat menjauh dari pusat. Cabang-cabang pendek kecil akan keluar setelah ada cabang yang panjang.

Koralit aksial pada batu karang acropora Cervicornis ini berbentuk tubular / tabung. Warna karang jenis ini biasanya adalah coklat dengan warna diujung/ aksial koralit putih.

Karang ini memiliki kesamaan dengan Acropora prolifera dan Acropora formosa. Mungkin kesamaan ini disebabkan oleh lokasi pertumbuhan yang sama yaitu di Indo Pasifik, oleh sebab itu mereka memiliki bentuk dinding yang besar.

Batu karang Acropora Cervicornis banyak dijumpai di perairan dengan kedalaman sedang, slop, dan di beberapa laguna dengan kondisi air jernih. Kelimpahan di suatu titik perairan bisa dikatakan standar.

Gambar Batu Karang A. Cericornis

karang Acropora Cervicornis

coral species Acropora Cervicornis

tentakel pada Acropora Cervicornis

kerangka kapur karang Acropora Cervicornis


Persebarannya di Dunia tercatat cukup jarang.



Sumber referensi: Veron (2000). referensi taksonomi: Roos (1971), Cairns (1982), Wallace (1999). panduan identifikasi tambahan: Colin (1978), Humann (1993).
Selanjutnya: Acropora Cerealis

0 Response to "Batu Karang Jenis Acropora Cervicornis"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler