Cinta Laut

Ikan Hiu Terbesar Kedua Di Dunia Basking Shark

Cetorhunis maximus merupakan salah satu jenis hiu yang memiliki besar tubuh nomer 2 di dunia setelah hiu paus sebagai pemakan plankton. Ikan hiu ini juga sering disebut dengan hiu basking. Panjangnya bisa lebih dari 10 meter di usia dewasa. Ikan hiu cetorhunis maximus ini bisa dikatakan hiu misterius karena mungkin keberadaannya yang sulit ditemui untuk dilakukan penelitian.

Makanan
Makanan utama dari ikan hiu terbesar nomer 2 ini plankton seperti halnya hiu paus. Memang jika dilihat secara fisik ini merupakan hal yang aneh bagi kita, namun inilah fakta yang membuktikan bahwa hiu ini gemar dengan makanan jenis plankton.

Ikan hiu ini memiliki organ tubuh di bagian insang yang berguna untuk menyaring makanan besar dan kecil. oragan penyaring itu akan bekerja keras dengan memilih mana makanan yang pantas dan tidak, oleh sebab itu di setiap tahunnya akan ada pergantian organ penyaring itu.

Bentuk Tubuh
Sama halnya dengan hiu paus, hiu basking ini memiliki ukuran besar. Apalagi untuk bagian mulutnya yang sangat lebar hingga 1 meter lebarnya jika sedang mencari makanan. Gigi hiu ini sangatlah kecil. Ini dapat membuktikan bahwa hiu basking merupakan hiu yang bersifat menyaring makanan.

Habitat
Hiu basking senang berada di permukaan, karena mungkin di permukaan lebih banyak makanan yang dapat mereka temukan berupa plankton. Oleh sebab itu hiu ini dijuliki sebagai hiu matahari / hiu yang suka berjemur. Hiu jenis ini senang bergerombol dibandingkan sendiriran, namun ada kalanya terlihat sendiri ketika di perairan.


Gambar Hiu Basking / Cetorhunis Maximus

gambar ikan hiu terbesar ke 2 di dunia

hiu besar jinak

ikan hiu sedang mangap

ikan hiu besar membuka mulut

foto ikan hiu dari atas

gambar basking hiu dari atas permukaan air

basking shark dari atas permukaan

ikan hiu besar di permukaan air

ikan hiu besar yang aman dengan manusia

ikan hiu jenis Cetorhunis maximus

ikan hiu basking atau penjemur

kumpulan segerombol ikan hiu


Video Ikan Hiu Basking Raksasa


Demikian sekilas informasi mengenai ikan hiu di lautan, salah satu hiu besar namun aman bagi manusia adalah hiu basking ini. Meskipun aman, namun tetap hati-hati dan waspada ya.
Next: Hiu Gergaji

0 Response to "Ikan Hiu Terbesar Kedua Di Dunia Basking Shark"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler