Cinta Laut

Ikan Hiu Memiliki 6 Indra Dalam Tubuhnya

Ikan hiu memiliki indra yang sangat istimewa, ada beberapa faktor pendukung bagian tubuh ikan Hiu yang dapat disinkronkan sehingga membentuk sebuah satuan kuat dalam mendapatkan tujuannya. Sebelum lebih jauh membahas mengenai indra ikan hiu mari kita samakan presepsi terselih dahulu. Indra merupakan sebuah kemampuan untuk merasakan sesuatu (contoh manusia memiliki indra penglihatan yang terletak di mata, peraba di tangan, rasa di lidah, dll)

Fungsi Alat Indra Ikan Hiu

Seperti halnya manusia, ikan hiu juga memiliki beberapa alat indra yang berguna untuk pertumbuhannya, adapun alat indra tersebut memiliki fungsi sebagai:
  • Menghindar dari musuh
  • Berburu mangsa
  • Reproduksi / perkembang biakan
Kenapa dapat demikian? karena ikan hiu memiliki 6 indra yang belum diketahui oleh masyarakat pada umumnya;
  1. Indra Penglihatan
  2. Indra Penciuman
  3. Indra Perasa
  4. Indra Peraba / sentuhan
  5. Indra Pendengaran
  6. Indra Elektroresepsi / aliran listrik
Mari kita bahas satu persatu mengenai ke-enam indra yang dimiliki oleh ikan hiu agar kita lebih paham dan sama-sama belajar tentang keunikan tubuh ikan hiu.

1. Indra Penglihatan (Mata Ikan Hiu)

  • Fakta yang terjadi dalam mata ikan hiu yaitu mereka dapat melihat 10 kali lipat lebih tajam dibandingkan manusia. Ikan hiu dapat melihat dengan mata mereka pada siang dan malam hari.
  • Mata ikan hiu memiliki lapisan seperti pada mata kucing yaitu tapetum lucidum, dimana ini adalah lapisan yang berfungsi untuk mengatur sistem pencahayaan di retina ikan hiu.
  • Ikan hiu dapat melihat meskipun pada pencahayaan minim di malam hari, hal ini dikarenakan karena adanya proses pembesaran pupil pada mata hiu yang berguna untuk mengendalikan cahaya. Indra penglihatan yang tajam membuat beberapa ikan hiu dapat melihat warna pada malam hari.
  • Letak posisi mata ikan hiu yang berada di samping kanan dan kiri membuat jangakauan penglihatan ikan hiu lebih luas. Ada juga yang memiliki mata diatas kepala, hiu ini biasanya hidup di dasar laut. Dan fakta membuktikan bahawa ikan hiu yang memiliki mata disamping (mengejar mangsa) lebih tajam dari pada mata ikan hiu yang hidup di dasar (menyergap mangsa).
  • Terdapat kelopak mata ikan hiu yang tidak daapt bergerak, namuna ada pula kelopak mata hiu yang dapat berkedip menurut jenisnya masing-masing, contohnya pada jenis Carcharhinidae. Kelopak ini berfungsi juga sebagai pelindung mata ketika mereka sedang memangsa.

2. Indra Penciuman / Bau (Hidung Hiu)

  • Ikan hiu memiliki kekuatan mencium yang istemewa, mereka dapat mencium bau bahkan yang tidak menyengat sekalipun.
  • Ikan hiu dapat mencium satu tetes darah yang sudah terbawa arus hampir 2 mil jaraknya. Dari deteksi darah ini, hiu dapat mengetahui darah siapakah itu, apakah ikan atau penyu.
  • Hiu memiliki lubang hidung yang digunakan hanya untuk penciuman bau dan bukan untuk bernafas.
  • Ikan hiu akan mencari mangsa dengan gerakan dan bau untuk mendeteksi lokasi mangsanya, namun ketika telah mendekati mangsanya ikan hiu menggunakan indra penglihatannya untuk menangkap mangsa tersebut.
Tambahan: Ikan hiu akan menggunakan indra penciuman bau untuk menuju mangsa, ketika ingin mencoba mangsa tersebut ikan hiu akan menggigitnya, namun jika tidak cocok maka akan dimuntahkannya kembali.

gambar bagian-bagian pengindraan ikan hiu

3. Indra Perasa (Mulut Hiu)

  • Ikan hiu memiliki indra perasa yang bai, mereka dapat menentukan mana makanan yang enak dan tidak menurut mereka. Jika mereka merasakan hal yang tidak enak, maka ikan hiu tidak akan memakannya. Bagaimana jika ada botol, kaleng, plastik dalam perut hiu? sangat sedikit perut hiu yang berisikan barang tersebut, ini membuktikan hal itu hanya kebetulan saja.
  • Ikan hiu juga memiliki indra perasa di sekitar mulut hiu berupa bintik-bintik. Kehebatannya adalah hiu dapat merasakan rasa dari benda tersebut hanya dengan mengesekan terlebih dahulu.
  • Jadi ada beberapa hiu yang sudah mendekat dan menempelkan mulutnya namun tidak menggit benda itu, ini membuktikan bahwa ia dapat mengetahui rasa sebelum ia menggigitnya.

4. Indra Sentuhan (Kulit Hiu)

  • Ikan hiu dapat merasakan sentuhan dengan sangat sensitif, hal ini dikarenakan garis lateral tulang rusuk ikan hiu. Ikan hiu memiliki sel yang berada di garis lateral tulang rusuk kemudian yang menjalar di seluruh bagian tubuhnya.
  • Indra sentuhan ini bukan memiliki funsi lebih untuk mengetahui ukuran suhu, arus, dan aliran listrik yang terdapat di sekitar perairan tersebut. Hal inilah yang membuat ikan hiu dapat dengan mudah mendeteksi gerakan listrik dari hewan lain disekitarny, misalnya ia mengetahui gerakan ikan yang dapat menjadi mangsanya.
  • Selain berguna untuk memangsa, indra sentuhan pada kulit ikan hiu ini juga dapat mendeteksi adanya ancaman dan kebutuhan reproduksinya yaitu menemukan pasangan disekitar mereka.

5. Indra Pendengaran (Telinga)

  • Ikan hiu ternyata memiliki telinga yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Karena ikan hiu tidak memiliki daun telinga, hanya saja telinga ikan hiu berada di dalam kepala lebih tepatnya di samping otak yang terhubungkan dengan garis lateral tulang rusuk.
  • Pendengaran ikan hiu sangat tajam, sehingga mampu mendengarkan rasa sakit ikan, ikan terjatuh yang mungkin akan menjadi calon mangsanya.
  • terkadang ikan hiu menggunakan indra pendengarannya untuk mencari mangsa, hal ini dikarenakan dalam air laju suara lebih cepat dan luas dibandingakan didarat / atas air.
  • Ikan hiu dapat mendengarkan denyutan dari ikan yang sekarat, dan inilah mungkin yang akan menjadi mangsa dari ikan hiu.
  • Penelitian membuktikan bahwa ikan hiu senang dengan suara berfrekuensi 25-100 Hz, dan dapat mendengarkannya dari jarak hingga 250 meter / 820 ft.

6. Indra Elektroreseptif (Sekitar Kepala Hiu)

  • Ikan hiu memiliki indra keenam yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Indra keenam tersebut adalah mengenai gerakan dorongan listrik tingkat kecil.
  • Banyak hewan yang mengeluarkan senyal listrik, dan inilah yang digunakan untuk ikan hiu mendeteksi pergerakan dan lokasi mangsanya meskipun dari jarak yang jauh.
  • Indra ini adalah organ elektroreseptif yang disebut sebagai ampullae lorenzini. ampullae lorenzini tersebut berisikan jelly dan berbentuk lubang pori-pori. Pori-pori terbsebut berada diarea kepala dan mulut bagian atas ikan hiu. Pori-pori indra listrik ini terhubung dengan ujung saraf menuju otak.
  • Pada dasarnya setiap makluk dapat mengeluarkan medan listrik, dan hebatnya ikan hiu dapat mendeteksi hal tersebut.
  • Ikan hiu terkadang memakan logam, hal ini dikarenakan logam dalam air laut akan mengeluarkan listrik yang dapat membingungkan ikan hiu apakah itu mangsa atau bukan.

Demikian bahasan singkat mengenai 6 indra deteksi pada ikan hiu. Semoga ini dapat menambah pengatahuan anda.
Next: Fakta Unik Gigi Hiu

0 Response to "Ikan Hiu Memiliki 6 Indra Dalam Tubuhnya"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler