Cinta Laut

Mengenal Ikan Hiu Karpet / Bluegray CarpetShark

Ikan hiu merupakan salah satu predator nomer satu di lautan dan kita tau itu. Ada banyak sekali jenis ikan hiu di dunia mulai jari yang besar hingga kecil, mulai dari sang penyerang hingga yang takut dengan manusia ada di lautan. Kesempatan kali ini cinta laut akan berbagi sedikit informasi mengenai ikan hiu jenis Bluegray Carpet Shark / Hiu Karpet warna biru keabu-abuan.

Hiu karpet memiliki nama ilmiah yaitu Brachaelurus colcloughy. Namun ada beberapa sebutan lain untuk ikan hiu jenis ini diantaraya:
  • Bluegray Carpet Shark,
  • Colclough’s shark,
  • blue-grey catshark,
  • bluegrey shark / hiu biru abu-abu
  • southern blind shark / hiu buta dari selatan

Di beberapa negara lain juga memiliki julukan yang berbeda lagi nengan nama diatas.

Hiu ini banyak terdapat di daerah pantai timur laut Australia. Ikan hiu jenis ini memang tidak terlalu terkenal, keberadaannya seperti hanya sebagai pelelengkap saja dibandingkan peran ekosistem hiu jenis yang lebih besar.


Fakta Unik Tentang Fisik Bluegray Carpetshark

  • Hiu ini akan menutupkan matanya ketika diangkat dari atas air, oleh sebab itu hiu ini dinamakan dengan hiu buta/ blind shark.
  • Hiu bluegray ini termasuk jenis hiu langka dikarenakan jarangnya pengamatan / penelitian tentang hiu jenis tersebut.
  • Mata dari ikan hiu ini memang kecil dengan posisi mata berada di atas kepala.
  • Terdapat seperti sungut bernama 'barbels' di bagian bawah hidung yang terlihat bagaikan kucing.
  • Sirip pada bagian dada cukup lebar, kemudian sirip punggung posisinya agak kebelakang dengan ukuran yang lebih besar di bagian depan / sirip punggung pertama dan kecil dibagian belakang / sirip punggung kedua.
  • Saat usianya masih muda hiu ini akan memiliki warna hitam dalam tubuhnya, namun ketika beranjak dewasa warna di bagian tubuh tersebut akan pudar sedikit demi sedikit dan menjadi biru keabu-abuan.
  • Bentuk tubuhnya tidak besar, maksimal yang pernah tercatat yaitu kurang dari 1 meter.
  • Ikan ini senang berada di dasar lautan dan bersembunyi.

Habitat Blind Shark

  • Ikan hiu ini banyak ditemukan di perairan sekitar pantai timur laut Australia termasuk juga GBR.
  • Hiu ini biasanya akan tinggal di kedalaman 5 meter hingga 100 meter, namun bisa juga hingga lebih dari 200 meter.
  • Hiu ini senang bersembunyi di batu karang / goa / bangkai kapal

Makanan
Hiu Bluegray carpet blind ini senang memakan hewan kecil seperti ikan kecil, kepiting, lobster, dan beberapa invertebrata yang hidup di dasar pasir.

Reproduksi
Hiu buta ini bertelur dan hamil atau ovovivipar, info lebih lanjut tentang reproduksi ikan hiu bisa dilihat pada artikel Sistem Reproduksi Hiu.
Hiu ini mampu melahirkan 6 ekor bayi hiu dengan panjang sekitar 15-18 cm

Identifikasi Bagian Tubuh
identifikasi tubuh blind shark


Foto Bluegray Shark

gambar hiu karpet bersembunyi dibalik terumbu karang

gambar ikan hiu bluegray carpet

gambar ikan hiu buta atau blind shark


Ikan hiu ini jarang sekali dipancing, meskipun ada di pasaran ikan ini tertangkap dikarenakan tersangkut di jala ketika trawling. Dipasaran ikan ini biasa digunakan sebagai hiasan di akuarium, alasannya adalah warna dari ikan hiu ini cukup menarik dan bentuknya yang kecil, selain itu ikan hiu jenis ini juga cukup mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan mudah kuat untuk bertahan hidup.

Jika tidak dijaga dengan baik maka tidak menutup kemungkinan spesies ini akan punah. Selain laku di pasaran, ikan ini juga memiliki ruang lingkup yang kecil untuk hidup di tengah2x perkembangan masyarakat yang padat.

Berkurangnya terumbu karang di suatu perairan akan menyebabkan berkurangnya juga populasi ikan hiu buta ini, karena semakin sempitnya lingkungan habitat ia hidup, menjari makan dan bereproduksi.

Pemeliharaan dan perkembangan dengan bantuan manusia terus dilakukan hingga saat ini, hal ini dikarenakan minimnya informasi tata cara hidup dan perkembangbiakan untuk Bluegray Carpetshark.
tidak kalah seru: Jenis Blue Shark / Hiu Biru

0 Response to "Mengenal Ikan Hiu Karpet / Bluegray CarpetShark"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler