Cinta Laut

Belajar Tentang Hiu Biru Atau Blue Shark

Blue shark atau bahasa Indonesianya hiu biru merupakan salah satu ikan hiu yang sangat mempesona dan mengagumkan. Namun sayang untuk iken jenis ini banyak sekali terjadi penangkapan yang besar-besaran di lautan (Over Fishing). Tahukan kalian nama latin dari ikan hiu biru ini? Nama ilmiah dari ikan ini adalah Prionace glauca.

Indentifikasi

  • Ikan jenis ini cukup mudah dilakukan identifikasi karena bentuk tubuhnya yang khas yaitu ramping serta berbentuk seperti turpedo. 
  • Selain itu bentuk tubuh ketika ikan hiu biru ini berenang sangat indah dan elegan, oleh sebab itu ikan blue shark ini dikenal sebagai perenang indah.
  • Blue Shark ini memiliki tubuh cukup besar yang dapat mencapai panjang 4 meter dengan berat sekitar 200 Kg per ekornya.

Habitat Blue Shark

Ikan jenis ini memiliki sifat suka berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya, hiu biru ini senang berada di perairan dalam di seluruh lingkaran dunia, kecuali tidak didaerah kutup utara dan selatan. Habitatnya di perairan sering berada pada kedalaman 300-400 meter dengan suhu perairan 10-15 derajat celcius.
persebaran habitat di perairan dunia

Sistem Rangsang Hiu Biru

  • Ikan hiu jenis blue shark ini memiliki ciri khas dalam kemampuan merangsang sesuatu yaitu menggunakan ampullau of lorenzini yaitu kemampuan sensor dengan elektrik, bacalah tentang Indra Elektroreseptif.
  • Hiu biru ini mampu merasakan gerakan semua makluk hidup desekitarnya dengan sistem elektro / listrik, terutama untuk mencari mangsanya. Kemampuannya ini dapat merasakan hingga beberapa mil jaraknya.

Ikan Kelompok

Ikan hiu biru ini lebih senang berkelompok dibandingkan sendiri, yang unik adalah ikan jenis ini akan berkelompok menyesuaikan ukuran tubuh (besar / kecil) dan jenis kelamin (jantan / betina)


Makanan

Blue shark memakan hampir segala yang ada di sekitarnya seperti ikan kecil, hiu kecil, lobspert, kepiting, bahkan burung laut. Namun makanan yang paling digemarinya adalah cumi-cumi.


Reproduksi Blue Shark

  • Hiu biru memiliki sistem reproduksi vivipar, bacalah artikel tentanag reproduksi ikan hiu. Jadi ikan jenis ini memiliki kemampuan untuk mengandung dalam rahimnya dan akan beranak hingga 100 ekor bayi hiu sekaligus.
  • Seperti halnya hiu pada umumnya kulit hiu biru betina akan lebih tebal 3x lipat dibanding hiu jantan. Hal ini dikarenakan ketika melakukan proses reproduksi hiu jantan sering menggigit kulit dari hiu betina.

Gambar Hiu Biru / Blue Shark

bentuk tubuh torpedi ikan hiu biru

blue shark images

foto ikan hiu biru dari atas yang cantik

gambar moncong mulut blue shark

tubuh indah saat berenang hiu biru


Over Fishing

Hiu biru banyak sekali dicari oleh manusia untuk diambil, sirip, kulit dan dagingnya. Terkadang ada juga yang mencari gigi dan rahangnya untuk dijadikan pajangan. Manusia menangkap 20-30 juta ikan hiu jenis blue shark ini setiap tahunnya.

tumpukan ikan blue shark banyak mati di tangan manusia

Pada dasarnya ikan jenis ini tidaklah agresif terhadap manusia, namun ikan hiu biru akan menyerang jika ia terasa terncam ketika ingin ditangkap.
Sangat Menarik: Hiu Blacktip

0 Response to "Belajar Tentang Hiu Biru Atau Blue Shark"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler