Cinta Laut

Batu karang Spesies Acropora Cerealis

Batu karang jenis Acropora cerealis ini memiliki bentuk koloni yang sangat cantik. Karang ini memiliki bentuk fisik semi gemuk dan pendek. Koralit aksial dan radial karang A. Cerealis ini sama-sama berbentuk tabung. Namun yang membedakan adalah radial koralit pada A. Cerealis lebih tinggi dibandingkan Aksial koralit. Pada bagian aksial koralit memiliki bentuk yang sedikit runcing, sehingga jika sekilas kita memandangnya akan terasa berbentuk seperti berduri.

warna yang sering dimunculkan dari spesies batu karang ini adlaah coklat muda, krem, krem dan ungu, pink, biru. Batu karang ini memiliki spesies serupa jika dilihat dengan kasat mata yaitu Acropora plantaginae, A. Nasuta, A. Kimbeensis. Dimana ketiganya itu memiliki ukuran dan bentuk koloni karang yang hampir sama.

Habaitat hidupnya banyak sebara di daerah lereng terumbu bagian atas. Dengan kata lain karang ini hanya mampu hidup di perairan dangkal yang kaya akan sinar matahari.

Gambar Acropora Cerealis

acropora cerealis images

gambar karang bercabang

gambar karang cerealis

gambar batu karang acropora cerealis

kerangka kapur acropora cerealis

Foto-foto Acropora Cerealis diatas diambil di Australia dan Jepang. untuk pertumbuhan habitat karang spesies ini juga banyak tersebar di perairan Indonesia dan sekitarnya.

habitat persebaran karang acropora cerealis

Sumber referensi: Veron (2000). referensi taksonomi: Veron dan Wallace (1984), Wallace (1999). panduan identifikasi tambahan: Veron (1986), Nishihira dan Veron (1995).
Next Coral: Acropora Coraliniana

0 Response to "Batu karang Spesies Acropora Cerealis"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler