Cinta Laut

Kaunikan Fakta Tentang Gigi Hiu

Kembali lagi dengan bahasan tentang ikan hiu yang mana sebelumnya kita telah bahas mengenai ikan hiu secara umum dan tentang sirip hiu. Kali ini yang akan cinta laut bagikan informasinya yaitu mengenai fakta unik mengenaik gigi ikan hiu. Mungkin jika kita mendengar gigi hiu maka banyangan yang pertama kali timbul adalah ngeri. Itu wajar karena ikan hiu memang terkenal akan ketajaman gigi yang dimilikinya.

Gigi ikan hiu merupakan faktor yang terpenting baginya. Kenapa? Jika hiu tanpa gigi maka hiu tersebut akan mati, karena ia tidak dapat makan dan berkembang. dari kelemahan tersebut maka ada kekuatan tersendiri bai ikan hiu untuk cepat pulih menumbuhkan gigi yang hilang.

Susunan Gigi Hiu

susunan berlapis gigi hiu purba
Taukah anda jika ikan hiu memiliki 5 atau lebih garis lapisan tempat gigi?. Gigi ikan hiu memang berlapis-lapis dengan susunan dari depan ke belakang, dan inilah kunci utama perkembangan predator nomer satu di lautan ini. Bentuk gigi di urutan garis lapisan pertama akan sejajar dengan mulut hiu, dan yang lebih istimewanya lagi bahwa gigi di lapisan belakang akan tumbuh naik menggantikan fungsi gigi yang hilang / lepas. Ini memang sebuah keajaiban yang jarang kita tau tentang ikan hiu. Dan proses ini selalu dilakukan hiu untuk mengatasi keompongan.


Fakta Unik Gigi Hiu

Ikan hiu besar mungkin akan melewati sirkulasi pergantian lebih dari 25 ribu gigi disepanjang hidupnya.

Hiu adalah hewan karnivora, jadi mereka mampu menyesuaikan gigi mereka dengan apa yang mereka makan. Gigi hiu ibarat tangan manusia dengan gigi, hiu dapat menentukan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi makanan mereka apakah merobek atau memotong hingga makanan tersebut dapat ditelan. Gigi hiu sangat kuat, ia mampu menghancurkan tulang bahkan besi ringan dengan kekuatan giginya.


Bentuk Dan Ukuran Gigi Hiu

Bentuk gigi pada ikan hiu sangat berfariasi menyesuaikan fungsinya, ada beberapa model gigi ikan hiu diantaranya:

  • Panjang Runcing seperti paku yang digunakan untuk merobek dan memotong
  • Segitiga halus yang berguna untuk memotong dan merobek
  • Segitiga beregerigi yang berguna untuk memotong dan merobek
  • Bahkan ada yang sangat kecil digunakan untuk melembutkan, namun jarang sekali digunakan

bentuk gigi ikan hiuFungsi utama dari gigi-gigi tersebut adalah untuk mengikat mangsa, memotong, merobek contohnya seperti saat memangsa penyu.

Salah satu hiu yang memiliki bentuk gigi panjang dan runcing adalah tiger shark, fungsi dari giginya yang panjang dikarenakan untuk memangkap makanan yang bersifat licin seperti ikan. cumi-cumi, sotong, dll agar tidak terlepas dari gigitan.


Hiu Besar Penuh Kasih
Ada salah satu hiu yang memiliki postur tubuh sangat besar, namun memiliki sifat yang penuh kasih alias tidak agresif dengan manusia. Hiu tersebut adalah hiu paus / whale shark yang mana mereka memiliki gigi sangat kecil. Hiu paus ini tidak menggigit mangsanya namun ia menyaring untuk mendapatkan makanan.

Demikianlah sedikit informasi mengenai fakta unik gigi ikan hiu yang semoga dapat berguna untuk menambah pengetahuan anda.
Next: Rahasia Seputar Sirip Hiu

0 Response to "Kaunikan Fakta Tentang Gigi Hiu"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler