Cinta Laut

Ikan Hiu

Berbicara mengenai dunia kelautan dimanapun juga pasti ada hal yang ditakutkan oleh sebagian orang. Hal yang membuat mereka takut salah satunya adalah Ikan Hiu, Meskipun di Indoensia sendiri beberapa orang lebih sering terkena serangn ubur-ubur yang membuat gatal kulit dibandingkan oleh serangan ikan Hiu. Terlepas dari hal menakutkan dan tidak, kali ini Cinta Laut ingin berbagi informasi menarik seputar ikan hiu. Ada beberapa hal yang ingin cinta laut bagikan untuk anda semua yang pada intinya ikan hiu bukan musuh kita dan sangat menarik untuk dipelajari.

gambar ikan hiu

Mengenal Ikan Hiu

Wikipedia mencatat bahwa ikan hiu adalah ikan yang bertulang rawan / lentur dan bernafas menggunakan 5-7 liang insang tergantung dari spesies ikan hiu tersebut. Kulit ikan hiu dilapisi dengan dermal denticles yang dapat menghindarkan dari kerusakan. Ikan hiu juga memiliki gigi yang dapat diganti.

Hiu itu ikan atau mamalia?
Hiu adalah ikan, alasannya karena ia berenang dengan sirip dan bernafas dengan insang. Dari sumber yang berbeda menyebutkan bahwa ikan hiu adalah ikan tertua yang ada hingga saat ini. Hiu ada 400 juta tahun yang lalu dan perhitungan ini menyatakan 100 juta tahun lebih tua dibandingkan pada dunia jaman Dinosaurus. Keberadaan manusia diperkirakan mungkin sekitar 3-4 juta tahun yang lalu.

Habitat Ikan Hiu
Hiu dapat ditemui di semua samudra lautan di dunia tidak terkecuali Indoneisa. Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan hiu memiliki habitat yang berbeda-beda menyesuaikan spesies dan lingkungan asal.
  • Ada ikan hiu yang senang dengan udara dingin seperti di kutup, namun ada pula yang senang di perairan hangat / tropis.
  • Ada ikan hiu yang senang dengan kedalaman / berada di dasar laut, namun ada pula yang senang berada di perairan dangkal / berenang di permukaan air laut.
Ikan hiu yang senang berada di daerah permukaan air tidak jarang akan masuk ke perbatasan laut dan sungai bahkan hiu tersebut dapat masuk kedalam aliran sungai dengan waktu yang tidak lama.

Hiu Ikan Tulang Rawan
Apa yang dimaksutkan dengna tulang rawan pada ikan Hiu? Ikan hiu memiliki tulang yang lentur seperti karet yang bersifat fleksibel. Tulang lentur tersebut akan bisa terus tumbuh dan berkembang selagi di hidup.

Jika ibarat manusia, hiu adalah manusa karet. Manusia juga memiliki tulang rawan pada bagian hidung dan telinga. Ikan hiu juga memiliki jumlah insang lebih banyak yaitu 5-7 lubang insang dalam diri hiu.

Hiu berenang tidak memiliki swim bladder / kandung kemih untuk mengapung dan berenang di permukaan, melainkan menggunakan kandungan lemak yang ada dalam hatinya. Dalam hati ikan hiu terdapat banyak sekali minyak yang dapat mengapung di air, semakin besar ikan hiu maka akan semakin besar pula tampungan lemak minyak yang ada dalam tubuh ikan hiu tersebut. Contoh saja whale shark / hiu paus/ hiu tutul yang memiliki ukuran hati yang sangat besar untuk membantunya dapat berenang setiap saat di permukaan air.

Bentuk Fisik Hiu
Ikan hiu memiliki bentuk tubuh yang ramping dan gepeng. Pada bagian mulut akan menonjol kedepan dan pada bagian ekor berbentuk panjang. Alasan inilah kenapa ikan hiu dapat berenang sangat cepat dalam air, ditambah pula dengan keunggulan pada tulangnya yang lentur akan menambah kegesitan dalam berenang.

Ukuran Hiu Saat Ini
Terdapat 400 spesies ikan hiu saat ini. Saat ini mungkin berbeda jaman kuno dahulu yang hampir semua ikan hiu memiliki bentuk tubuh yang besar. Dengan perkembangan jaman maka ukuran hiupun semakin kecil untuk segi presentase yang ditemui di lautan. Ikan hiu memiliki beberpa ukuran, diantaranya:
  1. Big size: Whale shark / basking shark / megamouth shark yang diketahui hanya ditemui manusia sebanyak 20 % saja
  2. Medium size: Dari berbajai jenis hiu diketahui memiliki ukuran rata-rata 3-4 meter di perairan dengan persentase 30% dijumpai manusia
  3. Small size: Dari berbegai jenis ikan hiu diketahui memiliki ukuran rata-rata 60 cm - 1,5 meter yang ditemui manusia saat ini hingga 50%
Ukuran ikan hiu yang terbesar adalah:
  • Hiu paus dimana ukurannya dapat mencapai 2 gajah besar dengan ukuran 2x4 lebar dan 2x6 panjang.
  • Hiu putih / white shark yang dapat mencapai 6 meter dengan berat hingga 7 ton, jika dibandingkan dengan gajah afrika yaitu memiliki berat 6 ton, dan ini adalah ikan hiu yang berbahaya bagi semua yang menjumpainya.
  • Hiu terkecil adalah lantern shark / hiu lentera yang dapat dipegang dengan telapak tangan manusia dewasa.

Cukup sekian dahulu informasi tentang ikan hiu yang dapat cinta laut berikan, besok akan disambung lagi dengan informasi tentang ikan hiu lainnya seperti mengenali sirip hiu, gigi hiu, dan lainnya.
Next Fish: Pari Manta

0 Response to "Ikan Hiu"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler