Cinta Laut

Belajar Mengenal Sirip Ikan Hiu

Setelah kita belajar tentang apa sebenarnya ikan hiu pada artikel hiu sebelumnya, sekarang kita akan belajar lebih dalam lagi yaitu mengenal Sirip Ikan Hiu. Kenapa kita perlu berlajar tentang hewan laut ini? alasanya jelas yaitu dengan mengeri tentang hiu maka kita jadi akan tahu seberapa pentingnya peran ikan hiu dilautan, dan sebisa mungkin kita jangan menghabisinya dengan dalih hiu adalah musuh manusia. Oke terlepas dari pada itu, sekarang centa laut akan sedikit mengulas hal umum tentang bagian tubuh dari ikan hiu, khususnya pada bagian sirip hiu.

Fungsi Sirip Ikan Hiu

Kita mulai dari sirip hiu. Sirip hiu sangat berperan penting dalam tubuh sang hiu, sirip hiu terbentuk dari tulang yang kaku. Sirip hiu ini tidak bersifat fleksibel / lentur. Sifat seperti ini akan membantu 2 hal yaitu:
  1. Membantu stabilitas ikan hiu dalam air. sirip dorsal bagian atas dan dorsal bawah akan membantu hiu untuk mengontrol keseimbangan tubuhnya.
  2. Membantu mengatur arah dan dorongan ketika bergerak. Sirip Pectoral pada ikan hiu membantu pergerakan naik dan turun tubuh hiu, sirip pectoral juga mencegah agar ikan hiu tidak mudah tenggalam. Pada bagian sirip caudal / ekor akan berfungsi untuk mengatur dorongan hiu terutama ketika bergerak maju.

Nama Dan Bagian Sirip Hiu

Bentuk dari sirip hiu yang sangat dinamis membuat ikan hiu ini menjadi seperti pesawat jet ketika berada didalam air. Ini adalah gambar dari kedinamisan sirip ikan hiu:

bagian dan nama sirip ikan hiu
Dari gambar keternagan diatas, diketahui bahwa ada setidaknya 7 sirip pada ikan hiu yaitu:
  • 2 Sirip Dorsa / sirip bagian atas
  • 1 sirip anal bagian bwah
  • 1 sirip pelvic bagian bawah
  • 2 sirip pectoral bagian samping
  • 1 sirip caudal bagian belakang
Setiap sirip hiu memiliki beberapa fungsi masing-masing yang telah dijelaskan diatas. Pada intinya sirip adalah bagian sangat penting dari Hiu, tanpa adanya sirip maka ikan hiu bukanlah apa-apa karena tidak dapat bergerak dan berenang.

Teknik bergoyang sirip ekor / caudal akan membantu ikan hiu mendapatkan dorongan yang kuat untuk bergerak maju. pergerakan sirip bagian samping / pectoral akan mengatur naik turun ikan hiu. Selain naik turun sirip pectoral akan membantu untuk pengereman dalam berenang.

Sirip pada bagian perut / pelvic fin dan sirip bagian samping / dada / pectoral fin bisa diibaratkan kaki depan dan kaki belang pada hewan pada umumnya.

Kekuatan pada sirip ikan hiu inilah yang akan berfungsi untuk mengejar mangsanya dalam berburu makanan. Sering kita lihat dalam foto kamera maupun video bahwa ikan hiu putih besar / white shark mampu keluar dari air / melompat dengan kekuatan siripnya.

Begitu pentingnya sirip bagi ikan hiu, apakah kita masih mau menikmati sup sirip ikan hiu?
Selanjutnya: Fakta Hiu adalah Ikan / Mamalia?

0 Response to "Belajar Mengenal Sirip Ikan Hiu"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler