Cinta Laut

Batu Karang Spesies Acropora Cardenae

Batu karang spesies Acropora cardenae ini memiliki bentuk yang tidak teratur, memiliki celah cabang yang lebar. Koralit aksial atau bagian bagian ujung cabang karang berbentuk tumpul. Sedangkan untuk radial koralit batu karang spesies ini memiliki bentuk yang renggang dan seperti tabung. Warna yang umum dikeluarkan karang spesies A. cardenae ini adalah coklat muda. ada juga batu karang yang mirip dengan spesies ini yaitu Acropora torihalimeda.

Batu karang jenis A. Cardenae ini biasanya tumbuh dan berkembang pada perairan yang sedikit dalam sekitar 15-20 meter tergantung kualitas perairan tersebut. Untuk persebarannya sendiri bisa dikatakan sangat jarang, bahkan di Indoneisa sendiri tidak terlalu banyak jenis ini. Batu karang jenis ini banyak tumbuh di perairan Philipina dan Australia.

Berikut ini adalah gambar dari batu karang jenis A. cardenae yang diambil oleh Charlie Veron tokoh penting dalam identiikasi spesies coral / karang.

batu karang acropora cardenae

kerangaka kapur batu karang acropora cardenae

Foto Diatas diambil di Pulau Calamian Philipina. Persebaran batu karang ini juga jarang, bisa dilihat pada peta dibawah ini:

peta sebaran acropora cardenae

Sumber bacaan: Veron (2000). Taxonomic reference: Veron and Pichon (1980). Additional identification guide: Veron (1986)

0 Response to "Batu Karang Spesies Acropora Cardenae"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler