Cinta Laut

Identifikasi Terumbu Karang Acropora Branchi

Latar Belakang
Karang dengan nama spesies Acropora branchi ini pertama dipublikasikan oleh Riegl pada tahun 1995. Karena bernama acropora jadi karang / coral ini memiliki ciri utama yaitu bercabang serta memiliki aksial dan radial koralit.


Bentuk Pertumbuhan dan Aksial-Radial Karang

Acropora branchi memiliki bentuk pertumbuhan seperti meja dengan dasar percabangan menyatu hingga rapat. Pertumbuhan koloninya seperti piring padat, terkadang spesies A. branchi memiliki koralit aksial baru diatas pertumbuhan koloni yang padat. Selain itu ada juga spesies A. branchi ini yang memiliki cabang pendek tegak dengan kerapatan atau spasi yang cukup jauh.

Terkadang aksial koralit juga tidak terlalu terlihat jelas dengan radial koralit, agak sulit dibedakan pada beberpa pertumbuhan karang tertentu. Radial koralit memiliki dinding yang agak tebal.

Warna Acropora Branchi

Karang spesies ini kebanyakan memiliki warna coklat atau hijau dengan garis di sekitar ujung piringan lebih terang / putih pucat.

terumbu karang spesies akropora branchi karang acropora branchi species

kerangka kapur karang acropora branchi

karang akropora brnachi aksial radial koralit acropora branchi
Foto diambil di Madagascar oleh Charlie Veron


Spesies Serupa
Di dunia ini ada beberpaa jenis spesies karang / coral yang hampir mirip dengan A. branchi yaitu Acropora solitaryensi yang memiliki sedikit perbedaan yaitu dasar yang kurang padat serta memiliki cabang lebih jelas antara aksial dan radial koralitnya. Selain A. Solitaryensi ada juga A. glauca dan A. resuta, meskipun memiliki dasar koloni menyambung namun memiliki bentuk cabang lebih besar dan gemuk. Ada juga 1 spesies lagi yang hampir miri yaitu A. efflorescens yang memiliki bentuk koloni seperti meja serta bagian dasar menyatu dan ditumbuhi antar cabang koralit dengan spasi jarang.


Kelimpahan Pertumbuhan

Banyak dijumpai pada bagian lereng karang bagian atas serta bagian perairan yang terkena pasang surut. Dapat disimpulkan bahwa karang spesies ini dapat hidup baik apabila terkena cahaya matahari yang cukup banyak.


Persebaran Di Dunia


Sumber referensi: Veron (2000). Taksonomi referensi: Riegl (1995)

0 Response to "Identifikasi Terumbu Karang Acropora Branchi"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler