Cinta Laut

Indentifikasi Batu Karang Spesies Acropora Batunai

Kali ini Cinta Laut ingin membagikan sedikit informasi kepada anda semua pecinta terumbu karang. Banyak sekali jenis terumbu karang yang ada di Dunia, salah satu tempat paling banyak ditumbuhi terumbu karang yaitu di perairan Indonesia tercinta ini. Kesempatan kali ini, cinta laut ingin membagikan latar belakang serta profil dari karang spesies acropora batunai.

Acropora batunai ini dipublikasikan oleh Wallace di tahun 1997. Sebelum beranjak ke bagian dalam acropora ini ada beberapa hal yang perlu juga diketahui bahwa spesies ini masuk dalam Family Acroporidae dan termasuk dalam genus Acropora.

Spesies Acropora batunai ini memiliki bentuk koloni corymbose / bentuknya menyerupai seperti meja. Cabang tumbuh horisontal dengan koralit radial yang pendek-pendek. Pada unjung tepi lingkaran biasanya memiliki warna yang lebih terang. Apabila dilihat kasat mata setiap cabang berbentuk seperti sikat  / sulak. Jika diperhatikan lebih dekat maka bentuk dari setiap cabang menerupai seperti bunga.

karang acropora batunai acropora batunai

kerangka koralit acropora batunai

acropora batunai foto karang spesies acropora batunai

Warna untuk spesiea Acropora batunai ini biasanya coklat, biru, merah mudah, dan abu-abu. Spesies karang ini memeiliki kesamaan bentuk dengan Acropora rambleri, dimana memiliki kesamaan bentuk pada cabang yang horisontal berbentuk seperti meja. Selain itu karang spesies ini juga mirip dengan A. desalwii dan A. microclodos.

lokasi persebaran acropora batunai

Tumbuh dan berkembang baik di perairan dangkal terkenal sinar matahari yang baik. Kelimpahannya termasuk jarang dalam suatu titik / spot pendataan. Contoh sample ini didapatkan dari beberapa tempat diantanya perairan sekitar Indoesia dan pereiran sekitar Papua

Sumber referensi: Veron (2000). Referensi taksonomi: Wallace (1997, 1999).

0 Response to "Indentifikasi Batu Karang Spesies Acropora Batunai"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler