Cinta Laut

Batu Karang Coral ID: Acropora appressa

Aplikasi online coral ID kali ini ingin membagikan sedikit informasi tentang karang genus Acropora spesies Acropora appressa. Spesies karang ini memilik ciri yang khas yaitu koralit aksial terlihat jelas. Koralit aksial tersebut berbentuk seperti meruncing namun tumpul.


kerangka kapur acropora appressa


Karang jenis A. appressa ini dipulikasikan oleh Ehrenberg pada tahun 1834. Koralit radial yang dimiliki spesies ini dapat tumbuh dan berubah menjadi koralit aksial baru yang diikuti oleh koralit radial dibawahnya.

Acropora appressa Acropora appressa


Acropora appressa Acropora appressa


Koralit radial A. appressa ini cenderung panjang seperti tabung runcing. Warna yang banyak dicumpai yaitu coklat dengan radiasi memudar di bagian ujung cabang. Warna yang ditimbulkan dari karang ini cukup mudah dikenali karena memiliki warna ringan seperti kain bludru.

Karang spesies ini memiliki kemiripan dengan Acropora cophodactyla serta A. anthocercis yang memiliki koralit aksial yang mirip. Sedikit berbeda dengan A. loripes yang memiliki koralit radial serupa namun koralit aksial lebih kecil dengan pertumbuhan tegak.

persebaran karang acropora appressa


Spesies ini banyak tumbuh dan dijumpai di samudra Hindia dagian barat. dan berkembang di perairan dangkal sekitar pantai.

Sumber referensi: Veron (2000). Referensi taksonomi: Ehrenberg original deskripsi / spesimen, Riegl (1995, sebagai Acropora sordiensis).

0 Response to "Batu Karang Coral ID: Acropora appressa"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler