Cinta Laut

Batu Karang Spesies Acropora Aculeus

Karang jenis acropora aculeus ini memiliki karekteristik koloni yang bergerombol. Bentuk karangnya bercabang cenderung agak tipis, kebanyakan pertumbuhannya menyeupai seperti meja, dan pada ujung cabang terdapat warna yang mencolok. Karang acropora aculeus ini memiliki aksial dan radial koralit yang sangat indah dan mudah untuk dibedakan dari warna, namun jika sudah mati bentuknya dari aksial dan radialnya hampir serupa dan sulit dibedakan. Ciri yang umum adalah radial koralitnya agak sedikit besar dan lebar.

warna umum dari acropora aculeus ini adalah abu-abu, buri, hijau, dan kuning. Umumnya warna batang / radial dan ujung / aksialnya berbeda. Karang spesies ini hampir mirip dengan Acropora elegantula, A. latistella dan A. subulata. namun jika diperhatikan jelas dibagian bentuk koloni, aksial dan radialnya maka dapat dibedakan dengan mudah.

Acropora aculeus

Acropora aculeus 2 Acropora aculeus 3

Acropora aculeus 4 Acropora aculeus 1

Jenis ini banyak dijumpai di Indo-Pasifik dengan pertumbuhannya banyak di bagian lereng terumbu karang dan laguna.


Source reference: Veron (2000). Taxonomic references: Veron and Wallace (1984), Wallace (1999). Additional identification guides: Veron (1986), Nishihira and Veron (1995).

0 Response to "Batu Karang Spesies Acropora Aculeus"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler