Cinta Laut

Teknik Pemula Budidaya Rumput Laut di Tambak

Rumput laut sering juga disebut dengan seagrass. benarkah itu? silahkan baca baca di google. Karena kali ini saya tidak akan membahas mengenai hal itu. Saya ingin sedikit berbagi mengenai teknik pemula yang ingin belajar budidaya rumput laut di tambak. Sebenarnya budidaya rumput laut bisa dilakukan di 2 tempat yaitu laut dan tambak. Nah kali ini karena anda pemula lebih baik di tambak agar resikonya tidak terlalu tinggi. Cara-cara ini ampuh karena banyak digunakan oleh pengusaha sukses di berbagai wilayah. Mungkin akan sedikit banyak tulisannya, namun jika anda niat pasti ini akan menjadi referensi yang baik.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah merencanakan segala seuatunya. Mulai dari pembenihan, pemeliharaan dan pemanenan.

Penentuan lokasi tanam, adalah hal penting dalam perkembangan rumput laut.
Bibit rumput laut, ini sangat penting mengingat jarak antara pengambilan bibit dan jenis bibit itu sendiri yang laku di pasaran.
Musim bertanam, sangat diperhatikan agar jangan sampai ketika mau panen rumput laut anda menjadi rusak / gagal panen
Pemeliharaan rutin, ini juga harus diperhatikan. Jangan sampai jamur menempel di permukaan kulit rumput laut dan membuat gagal panen.

Penentuan Lokasi Budidaya

A. Tata Ruang Pemerintahan
Penentuan lokasi dengan pengujian kualitas air dilihat dari fisik, kandungan kimia dan bahan tanah di lokasi tersebut.  Menentukan lokasi tanam harus sesuai dengan zonasi yang diberlakukan oleh pemerintahan. Jangan sampai anda melakukan budidaya rumput laut pada daerah pariwisatawa / zona inti, bisa-bisa rumput laut anda hancur semua. Hal ini bisa diketahui di kelurahan desa setempat yang memiliki lahan tersebut, jangan sampai terhadi konflik kerena penanaman yang sepihak.

B. Kualitas Perairan
Lokasi budidaya haruslah layak untuk bertanam, kondisi kualitas perairan sangat menentukan pertumbuhan rumput laut yang baik. Lokasi yang baik berada di daerah pasang surut supaya pergantian air lancar. Dasar tambak harus pasir berlumpur dan dekat dengan sumber air tawar agar mudah untuk menurunkan tingkat salinitas (kada garam) yang ada di tambak tersebut. Tingkat kejernihannya 0,5 meter yang jauh dari limbah industri. Memiliki kadar garam 15-30 ppt, suhu perairan sekitar 20-28 celsius, PH 6-9.

C. Aksesbilitas
Lokasi yang dipilih harus mudah untuk ditinjau guna pemeliharaan dan penjagaan rumput laut. Jika lokasinya jauh, sebisa mungkin gunakan teknik bergantian dengan team anda guna kelancaran hasil panen. Lokasi lahan budidaya harus memiliki sarana dan prasaranan yang memadai untuk pembibitan dan panen. diusahakan dekat dengan lokasi pengambilan bibit. Jika terlau jauh tidak masalah asalkan metode pengangkutan bibitnya benar.

Persiapan tambak

Persiapan tambak harus dilakukan, agar penanaman benar-benar siap tidak ada yang kurang ini dan itunya.
- Setiap petakan dalam tambah diberikan sirkulasi air masuk dan keluar seperti pada kolam ikan pada umumnya. Ini bertujuan untuk membuat kualitas perairan disana menjadi baik guna pertumbuhan rumput laut. Solusi jika tidak ada pasang surut yang baik disana yaitu gunakanl;ah pompa untuk sirkulasi air.
- Tambak harus dikeringkan terlebih dahulu sekitar 1 minggu / secukupnya hingga tanah substrat kelihatan retak-retak.
- Buat lubang untuk sirkulasi air dalam tambak agar kuaalitas tetap terjaga guna pertumbuhan rumput laut

Penanman Bibit Rumput Laut

  1. Penanaman dilakukan dengan cara ditebar merata dalam tambak
  2. lakukan pengecekan rutin paling tidak 2 hari sekali guna mengantisipasi posisi bibit rumput laut yang saling menyilang
  3. Tetap diperhatikan jangan sampai bibit tersebut kering saat melakukan menanaman

Pemeliharaan Rumput Laut

  • Pada dasarnya yang terpenting adalah media, kita harus selalu mengecek setiap saat guna mastikan media baik tanah, air, dan posisi tetap berjalan dengan baik
  • Kebersihan rumput lut juga merupakan hal penting untuk perkembangan. Jadi selalu segarkan dengan cara menyikat rumput laut tersebut secara rutin ketika mulai timbul bibit-bibit kotoran di kulit rumput laut tersebut

Proses Panan Yang Baik

  1. Hati-hati dlam memanen, gunakanlah teknik yang benar dlam memanen
  2. Pakailah tangan kosong untuk mengmbil hasil panenan tersebut
  3. Gunakan wadah / keranjang yang bersih untuk meletakan rumput laut
  4. Usahakan jangan terlalu ditekuk karena akan mengakibatkan patah
Selamat mencoba
Next Budidaya: Cara Ampuh Budidaya Kepiting Bakau Bagi Pensiunan

0 Response to "Teknik Pemula Budidaya Rumput Laut di Tambak"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler