Cinta Laut

Seluk Beluk Nudibranchia atau Kelinci Laut

Nudibranchia ini merupakan hewan lunak yang tidak memiliki cangkang. Bentuknya sangat indah dan lucu serta memiliki warna yang sangat cantik. Nudibranchia sering disebut sebagai kelinci laut. Sebenarnya nama tersebut diambil dari bahasalatin Nodus (telanjang) dan bahasa Yunani Brankhia (insang).

kelinci laut atau nudibranchia

Kehebatan kelinci laut / sea rabbit ini yaitu memiliki tentakel dikepalanya yang berfunggsi sebagai indra perasa, sentuhan, dan bau. Maka dari itu kelinci laut ini sangat peka oleh bau. Nudibranchia ini bersifat karnivora, ada yang memakan spong, plankton, dan sebagian bisa kanibal.

Kelinci laut ini sangat bervariasi warnanya secara kasat mata sangat terlihat cantik. Sebenarnya ini adalah cara perlindungan diri mereka dari predator. Cara ini sangat ampuh untuk berkamuflase atau bisa juga memberikan warna yang cerah sepertinya ia beracun agar aman dari serangan predator.

Pertumbuhannya bisa dikatakan baik untuk saat ini, karena jarang nelayan yang menangkapnya karena tidak terlalu bagus untuk jual beli. Pertumbuhannya banyak di perairan Indonesia, ketika penyelaman di Karimunjawa saya sering kali menjumpai kelinci laut ini dengan warna putih, merah, hitam kombinasi antara ketiganya.

Keterangan Lain:
- Hewan ini biasanya memiliki ukuran yang kecul sekitar 5-10 cm
- Spesiesnya sampai menembus angka 3000 jenis
- Kelinci laut ini adalah hewan hermafrodit
- Termasuk dalam mollusca
- Biasanya hidup tak lebih dari 1 tahun
Next: Tentang Nautilus

0 Response to "Seluk Beluk Nudibranchia atau Kelinci Laut"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler