Cinta Laut

Tahukan Anda Tentang Nautilus Dan Karakteristiknya?

Mungkin anda janrang mendengar tentang kata Nautilus?? Ini adalah sejenis hewan yang hidup di laut. Jika dilihat seksama ini seperti penggabungna antara cumi dan siput. Kerena memiliki cangkang yang melingkar.

gambar nautilus

Seperti gambar diatas, begitulah bentuk tubuh dari Nautilus. Nautilus ini masih termasuk kerabat dari gurita dan cumi-cumi. Hewan ini termasuk hewan yang telh hidup di juataan tahun yang lalu, tidak banyak memiliki perubahan. Memiliki 90 tentakel dan berdiameter 3-30 cm di alamnya.

Klasifikasi Nautilus

Kingdom :Animalia
Filum : Mollusca
Kelas : Cephalopoda
Subkelas : Nautiloidea
Ordo : Nautilida
Superfamili : Nautilaceae
Famili : Nautilidae (Blainville, 1825)

Hewan ini terdapat di samudra Hidia-Pasifik termasuk Indonesia, memiliki kemampuan hidup hingga kedalaman 500 meter dari permukaan laut. Jika merasa terancam bahaya, nautilus bisa menarik masuk kepalanya & menutup lubang cangkangnya dengan memakai semacam tudung di bagian atas kepalanya yang terbuat dari lapisan kulit yang keras. Bagian dalam cangkang nautilus terdiri dari sebuah bilik besar yang menjadi tempat terletaknya tubuh lunak nautilus & beberapa bilik kecil yang terisi oleh udara. Bilik-bilik kecil inilah yang menjadi penyebab kenapa nautilus bisa melayang di dalam air. Semakin tua usia nautilus, maka semakin banyak jumlah bilik kecilnya.

cangkang nautilus

Kekuarangan nari nautilus itu sendiri yaitu kedua matanya tidak dapat digunakan dengan baik, karna kedua mata tersebut tidak memiliki lensa, sehingga objek yang dilihat tidak dapat dibedakan. Namun jika ada kekurangan maka ada kelebihan, Nautilus ini menggunakan tentakel dan indra penciuman untuk mengetahui keadaan sekitarnya.

Perkawinan Nautilus

Perkawinan antar nautilus terjadi ketika pejantan memakai tentakelnya untuk memasukkan kantong sperma ke dalam tubuh betina. Kantong sperma tersebut lalu pecah & sperma di dalamnya mulai membuahi telur-telur dalam tubuh betina. Nautilus betina selanjutnya mengeluarkan telur-telur yang sudah dibuahi di mana masing-masing telur panjangnya mencapai 3,8 cm. Sesudah beberapa lama, telur tersebut menetas menjadi bayi nautilus yang diameter cangkangnya berukuran 2,5 cm. Bayi nautilus tersebut selanjutnya mulai mencari makan & terus tumbuh. Khusus pada spesies nautilus berbilik, kematangan seksual baru dicapai pada usia 15 - 20 tahun.

Keunggulan Dari Nautilus

Dengan cangkangnya yang sangat indah dari bentuk dan motifnya, maka ini menjadi buruan bagi banyak orang, dan menurut data yang ada hewan ini sudah sangat jarang dan menurun derastis akibat ulah manusia yang memanfaatkan untuk kesenangan pribadi. Dengan kejadian unulah Taman Nasional Karimunjawa, Jepara menjadikan Nautilus seebagai lambang dari logo mereka untuk mengingat hilangnya nautilus di muka bumi ini.

nautilus untuk logo karimunjawa

Kelestarian Alam Dari Kita Untuk Kita
Jangan Bunuh Mereka

Sumber = Albar
Next Spot: Reproduksi Kerang Kima

2 Responses to "Tahukan Anda Tentang Nautilus Dan Karakteristiknya?"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler