Cinta Laut

Pentingnya Proses Reproduksi Kerang Raksasa Kima

Kima yang sering disebut tridacna ini merupakan kerang yang mampu berukuran sangat besar berbeda dengan kerang lainnya. Saat ini kerang kima ini sangat sulit dijumpai akibat dari perkembangan jaman dan teknoligi. Berbagai alasan dilakukan manusia untuk memanfaatkan kerang kima ini. Mulai kesehatan, penelitian, souvenir, makanan, dll.

Perlu diketahui bahwasannya pertumbuhan kima ini sangatlah lama, dan tidak banyak instansi / personal yang membudidayakan kerang kima ini. Jika dipikirkan akibat yang timbul adalah ketidak seimbangan ekosistem alam yang semakin parah lagi.

Reproduksi kerang kima merupakan hal yang sangat penting untuk di ketahui, dengan mengetahui sistem reproduksi perkembangbiakan kerang kima / tridacna ini maka paling tidak kita sadar akan sulitnya kima itu berkembangbiak dan tumbuh.

Sistem Reproduksi Kima

Saya ingin mencoba membagiakan kepada teman-teman tentang sistem reproduksi dari kerang kima itu sendiri. Berikut ulasannya melaui peraga gambar:

gambar reproduksi kerang kima

Keterangan:
1. Kedua induk mengeluarkan spresma dan yang satunya mengeluarkan telur / eggs dengan jumlah yang sangat banyak.
2. Fertilisasi terjadi diluar tubuh induk, dalam artian pertemuan antara sperma dan telur terjadi di perairan lepas. Dapat dibanyakkan mulai dari proses ini sudah terasa sangat rentan oleh bahaya, mulai dari ancaman ombak, tidak bertemu, sampai pemangsa.
3. Apabila sperma dan telur tersebut berhasil untuk melakukan fertilisasi, maka akan membentuk trochophore ini sejenis larva. Pada proses ini kerang akan hanyut oleh arus dan menempel dalam substrat dan muali membentuk cangkang.
4. Proses perkembangbiakan selanjutnya adalah Veliger.
5. Valiger tersebut akan menempel dan mencari substrat yang baik menurut mereka.
6. Perkembangan hanya 1 cm selama 1 tahun.

Reproduksi kerang kima sangat penting untuk diketahui kita semua, karena dengan mengerti sekali lagi kita dapat memahami kemudian bersimpati dan tidak merusak ekosistem alam yang dikethui membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang.

Jenis-Jenis Kima di Dunia:

1. Tridacna costata
2. Tridacna crocea
3. Tridacna derasa
4. Tridacna gigas
5. Tridacna maxima
6. Tridacna squamosa

Catatan: Proses repoduksi kerang kima itu membutuhkan waktu yang sangat lama.
Next: Reproduksi Bivalvia

0 Response to "Pentingnya Proses Reproduksi Kerang Raksasa Kima"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler