Cinta Laut

Penyebab dan Cara Mengobati Gatal Terkena Karang

Penyebab dan Cara Mengobati Gatal Terkena Karang oleh Cinta Laut-ku. Sering pastinya anda mendapatkan rasa gatal ketika melakukan aktifitas di laut, seperti snorkeling, diving, penelitian, dll. Apalagi rasa gatal tersebut terasa setelah kulit anda bergesekan dengan terumbu karang yang masih hidup. Berikut ini alasan kenapa kulit anda gatal.

Penyebab

Penyebabnya adalah anda terkena mocus/ lendir racun yang dimiliki oleh karang yang biasanya digunakan untuk melakukan pertahan dan perkembangbiakan diri. Mocus tersebut memang memiliki beberapa zat yang dimana akan terasa mengganggu jika terkena kulit kita.

gatal karena terkena terumbu karang

Pengobatan

Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan:
1.Obat merah
2. Obat kulit
3. Amonia
4. Air Kencing (sedikit extrime tentunya)

Jadi disarankan jika anda melakukan aktifitas di laut, maka pakailah sarung tangan yang murah-murahan saja untuk menanggulangi terjadinya gesekan tersebut. Namun yang lebih penting janganlah memegang karang jika tidak terpaksa, seperti untuk menahan diri dari arus atau penelitian.

Karang juga akan merasa tres jika terkena kulit manusia, dan akhirnya akan memperburuk pertumbuhan karang itu sendiri. Tahukan anda kalau hewan karang sangat sulit berkembang dan membutuhkan waktu yang sangat lama utnuk perkembang hidupnya.

Jadi, artikel tentang penyebab rasa gatal di laut serta cara mengatasinya ini semoga dapat membuat kita lebih berhati-hati dalam aktifitas laut.

(salam damai dari terumbu karang)
Next: Teripang Kunci Kesehatan Manusia

11 Responses to "Penyebab dan Cara Mengobati Gatal Terkena Karang"

  1. permisi numpang tanya nih .
    minggu kemaren saya berlibur ke pulai pari .
    pas saya snorkling saya saya tidak sengaja terkena terumbu karang , akibatnya tangan saya gatel-gatel .
    kira" sembuhnya berapa lama yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga pernah seperti itu dan sering. Untuk sembuh pengalaman saya ada yang 2 minggu sembuh, pernah juga saya 1,5 bulan baru sembuh. Mungkin saran saya kalau gatal jangan digaruk dulu. Thx

      Delete
  2. Minggu lalu saya snorkling di kepulauan seribu. Pertama saya tidak sengaja menginjak karang dan bengkak pada waktu itu. Sekarang gatal dan kapalan. Besoknya saya gesekan dengan karang hingga berdarah. Sekarang luka sudah kering tapi terasa gatal. Muncul juga bintik2 di tangan. Kira2 itu harus diapain yah? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk rasa gatal menurut saya itu efek samping dari mokus / kelenjar karang untuk perlindungan dirinya. Untuk manusia tidak begitu berbahaya. Karena saya seorang penyelam dan sangat sering terkena karang.
      tips dari saya:
      1. Jangan digaruk
      2. Beri obat salep gatel

      kalo saya dulu sembuh dengan sendirinya asal kan jangan digaruk
      thx

      Delete
  3. Gatal pada tubuh sebenarnya kesalahan kita sendiri. Kuman, gatal-gatal pada kulit, karena kitanya yang malas merawat kulit tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih masukannya Budokter.com

      Delete
    2. Ibu ini g pahamπŸ˜…πŸ˜…udah di bilangin kena karang,malah bilang karena kurang bersih πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚bu doktee anda sehat πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    3. Bu docter nya gagal paham..udah di bilangin kena karang karena aktivitas snorkling atau diving masih di bilang kurabg bersih...anda sehat bu docterπŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  4. 2hari yang lalu saya snorkling habis itu saya terkena batu karang di bali lembongan pertamanya tidak apa2 cuma luka yang kering tapi sehari setelahnya timbul bentol2 dan gatal gimana cara nhobatinnya ya?

    ReplyDelete
  5. 2hari yang lalu saya snorkling habis itu saya terkena batu karang di bali lembongan pertamanya tidak apa2 cuma luka yang kering tapi sehari setelahnya timbul bentol2 dan gatal gimana cara nhobatinnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman itu juga sering saya alami ketika snorkeling dan terkena karang lalu gatal. Kalo saya pribadi saya diamkan saja, nanti akan sembuh sendiri namun memang dengan waktu yang lama.

      jika ingin agak cepat mungkin ini bisa menjadi pilihan, pergilah ke apotik dan belik obat salep untuk kulit, nanti bilang saja bahwa terjena racun mocus dari karang saat berenang di laut, biasanya setiap apotek memiliki stok obat yang berbeda-beda untuk mengatasi ini (tutur teman senior saya)

      Terimakasih semoga membantu.

      Delete

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler