Cinta Laut

BELAJAR JENIS dan BUDIDAYA IKAN KERAPU

Ikan kerapu adalah ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, selain itu ikan kerapu juga memiliki berbagai macam jenis dan dikenal sebagai ikan yang mampu bertahan di daerah yang keruh untuk beberapa jenis ikan kerapu. Namun ada juga yang tidak tahan akan jenis air keruh. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang budidaya kerapu kita akan belajar sejenak mengenai jenis-jenis ikan tersebut:

Jenis-Jenis Ikan Kerapu Laut

1. Kerapu Epinephelus Malabaricus




2. Kerapu Epinephelus Coioides



3. Kerapu Epinephelus Bleekeri


4. Kerapu Epinephelus Sexfasciatus


5. Kerapu Epinephelus Erythrurus










6. Kerapu Epinephelus Quoyanus


7. Kerapu Epinephelus Lanceolatus







8. Kerapu Plectropomus Maculatus


9. Kerapu Cephalopholis Boenak


10. Kerapu Cephalopholis Formosa


11. Kerapu Cephalopholis Argus


12. Kerapu Plectropomus pessuliferus


13. Kerapu Epinephelus fuscoguttatus


14. Kerapu Plectropomus laevis


15. Kerapu Epinephelus fasciatus


16. Kerapu Plectropomus oligacanthus


17. Kerapu Variola albimarginata

18. Kerapu Chromileptes altivelis


Cara Budidaya Kerapu Laut di Karamba

Awalnya dilakukan pembernihan dan persiapan, dalam proses persiapan tentunya kita hars menyiapkan wadah atau temapat untuk sang Kerapu tersebut berkembang. Untuk Pembenihan sendiri disarankan tidak mengambil dari alam melainkan beli bibitnya, hal tersebut dikarenakan supaya ukuran, jenis, dan kesehatan / cacat normalnya sama.

Wadah / karamba tentunya berbahan jaring, agar perputaran air tetap terjaga. dilakukan pembagain menjadi 3. Kepadatan optimum untuk fase pendederan adalah 150-200 ekor/m3 dengan rata-rata panjang ikan 9-12 cm dan berat 15-25 g. Setelah dibesarkan selama 1-1,5 bulan, kepadatannya dikurangi menjadi 100 ekor/m3. Kepadatan ini harus dipertahankan hingga masa pembesaran 2 bulan, selanjutnya kepadatan menjadi 20-25 ekor/m3 dipertahankan selama 4 bulan hingga ikan mencapai ukuran konsumsi (400-500 g).

Pakan dalam budidaya kerapu ini baiknya ikan curah, karena harganya murah serta mudah didapatkan juga. Namun jika ikan curah tidak dapat maka dapat digantikan oleh pelet yang khusus untuk ikan kerapu. Sebaiknya dilakuan 3x dalam sehari supaya pertumbuhannya cepat dan baik, ikan curah jga harus dipotong kecil-kecl disesuaikan kedan besaran mulut ikan kerapu.

Selain pakan, ikan kerapu juga harus diberikan vitamin tambahan untuk mempertahankan pertumbuhan, kekebalan tubuh, serta mengurangi tingkat kematian dalam budidaya kerapu. Pemberian vitamin dapat dilakukan dengan takaran 2 gram per kilogram pakannya. yang dilakukan 3 hari sekali.

Yang perlu dilakukan paling penting adalah monitoring pertumbuhan dan kesehatan setiap harinya, dimana ikan kerapu juga rentan terhadap bakteri dan perubahan kondisi perairan maka dari itu pemeriksaaan harus dilakukan sesering mungkin. Jika ada yang sakit atau terserang bakteri harus cepat diposahkan dari kelompok ikan kerapu yang lainnya. Selain pada ikan pemeriksaaan rutin juga dilakukan di wadah atau jaringnya, bersihkan setiap kali kotor supaya zat dan oksigen dapat berputar secara baik didalam karamba tersebut.

Setelah beberapa bulan lakukanlah pemisahan dari yang kecil hingga besar, siapa tahun pertumbuhan kerapu tidak sama. Harus dipisah karena, ikan kerapu merupakan ikan buas yang dapat melakukan tingkah kanibalisme.

Kualitas air dapat dijaga dengan cara pengukuran kualitas air (suhu, salinitas, pH, oksigen terlarut, amoniak, amonium sulfat, nitrit, nitrat, chlorin, dsb) dilakukan dengan menggunakan termometer untuk suhu, refractometer untuk mengukur salinitas, pH meter atau kertas lakmus untuk mengukur pH, DO meter untuk mengukur oksigen terlarut dan water quality test kit untuk mengukur kualitas air lainnya disesuaikan dengan petunjuk kerja dari masing-masing alat yang digunakan. Frekuensi pengukuran dilakukan minimal dua kali seminggu.

Waktu panen dapat dilakukan setelah 4-5 bulan berjalan. Pada dasarnya ikan kerapu dipanen tergantung dengan kebutuhan konsumen yang akan membeli, ada yang menginginkan dalam ukuran kecil, sedang, maupun besar.

Demikian sedikit pengetahuan tentang jenis-jenis ikan dan cara budidaya ikan kerapu
Next: HISITOPATOLOGI PADA INSANG USUS DAN OTOT IKAN

0 Response to "BELAJAR JENIS dan BUDIDAYA IKAN KERAPU"

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler