Cinta Laut

PENGERTIAN DAN FUNGSI DARI HUTAN MANGROVE

Pengertian Hutan Mangrove

kali ini saya ingin mencoba berbagi kepada teman-teman tentang definisi mangrove yang saya ambil dari beberapa referansi yang valid dan manfaat tentang hutan mangrove bagi manusia. Mangrove adalah pohon yang sudah beradaptasi sedemikian rupa sehingga akan mampu untuk hidup di lingkungan berkadar garam tinggi seperti lingkungan laut. Sedangkan hutan mangrove adalah komunitas vegetasi pantai tropis dan subtropis yang didominasi beberapa jenis pohon mangrove yang mampu tunbuh dan berkembang pada daerah pasang surut pantai berlumpur (Nontji, 1993).

Mangrove tumbuh pada pantai-pantai yang terlindung atau pada pantai yang datar, biasanya di tempat yang tidak ada muara sungainya, biasanya tumbuh meluas. Mangrove tidak tumbuh di pantai yang terjal dan berombak besar dengan arus pasang surut ayng kuat, karena hal ini tidak memungkinkan terjadinya pengendapan lumpur dari pasir, sebagai substrat yang diperlukan untuk pertumbuhannya (Nontji, 1993).

Mangrove adalah tanaman pepohonan atau komunitas tanaman yang hidup diantara laut dan daratan yang dipengaruhi oleh pasang surut. Habitat msngrove seringkali ditemukan ditempat pertemuan antara muara sungai dan air laut yang kemudian menjadi pelindung daratan dan gelombang laut yang besar. Sungai mengalirkan air tawar untuk mangrove dan pada saat pasang, pohon mangrove dikelilingi oleh air garam atau payau. (Murdiyanto,2003)

Didukung oleh:
Mangrove adalah jenis tanaman dikotil yang hidup di habitat payau tanaman dikotil ada;lah tumbuhan yang buahnya berbiji berbelah dua. Hutan mangrove merupakan komunitas vegetasi pantai tropis yang didominasi oleh beberapa jenis hutan mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang pada daerah pasang-surut pantai berlumpur.

Hutan bakau atau mangal adalah sebutan umum yang digunakan untuk menggambarkan satu varietas komunitas pantai tropik yang didominasi oleh beberapa spesies pohon-pohon yang khas atau semak-semak yang mempunyai kemampuan untuk tumbuh dalam perairan asin. (Nybakken, 1993)

Manfaat atau Fungsi Mangrove

Ekosistem hutan mangrove memberikan banyak manfaat baik secara tidak langsung ( non economic value ) maupun secara langsung kepada kehidupan manusia ( economic vallues ). Beberapa manfaat tidak langsung sebagai konsumsi manusia antara lain:
1. Menumbuhkan pulau dan menstabilkan pantai
2. Menjernihkan air, penahan lumpur dan perangkap sedimen
3. Peredam gelombang dan angin badai
4. Mengawali rantai makanan
5. Melindungi dan memberi nutrisi (nursery dan spawning)
6. Pemasok larva ikan, udang, dan biota laut lainnya.
7. Sebagai tempat pariwisata
8. Manfaat bagi manusia

Beberapa kegunaan hutan mangrove yang langsung dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah tempat tambat kapal, bahan obat-obatan, pengawet, pakan dan makanan, bahan bakar, bahan kertas dan bangunan (Romimohtarto,K dan Juwana,Sri.2001).
Next News: Cristiano Ronaldo Duta Mangrove

2 Responses to "PENGERTIAN DAN FUNGSI DARI HUTAN MANGROVE"

  1. Menjaga dan memelihara laut adalah membangun kesejahteraan masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Sekali, mari kita jaga bersama hutan mangrove Indonesia

      Delete

Cinta Laut-ku Mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya, silahkan beri sedikit komentarmu disini

Info Laut Terpopuler